SPACE IKLAN

header ads

Sejumlah Lahan Terbakar di Malaka Lombok Utara, Kapolda NTB Turun Langsung


Foto. Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Nana Sudjana saat turun ke lokasi kebakaran Lahan di Dusun Nipah Malaka Lombok Utara.

Wartabumigora.com, LOMBOK UTARA - Kobaran Api melalap sejumlah lahan di wilayah Dusun Nipah Desa Malaka Lombok Utara NTB, sekitar pukul 15.00 hari minggu malam, (18/8/2019). Kebakaran lahan tersebut berhasil dipadamkan oleh Satgas Karhutla Polda NTB sekitar 01.00 Wita.

Menurut Kabid Humas polda NTB Kombes Purnama menjelaskan, Lokasi kebakaran merupakan lahan semak belukar ini terjadi di Dusun Nipah tidak jauh beda dengan lokasi kebakaran pada hari Kamis lalu dimana kondisi masih musim kemarau, angin yang kencang dan terdapat banyak pohon yang kering pada lokasi tersebut.

" Asap pertama kali dilihat oleh Sdr. MUHSIN pada pukul 11.00 Wita namun api membesar dan merambat yang dilihat oleh masyarakat pada pukul 15.00 Wita berada di Dusun Nipah Ds. Malaka Kecamatan Pemenang Kabupaten. Lombok Utara namun sekitar pukul 16.00 wita dapat di padamkan oleh 6
personil Polsek Pemenang, 8 orang dari petugas Damkar serta dibantu oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan alat seadanya sehingga api dapat di padamkan." Jelas Purnama, Minggu (18/8/2018).

Di jelaskan Kabid Humas polda NTB, Pukul 17.00 Wita api muncul kembali dititik yang berbeda berdekataan dengan lokasi yang pertama dan merambat sampai ke lahan Dsn. Pandanan.

" Pemadaman api dipimpin langsung oleh Kapolres Lombok Utara Akbp Herman Suriyono  beserta PJU Polres Lotara dan orang personel Polsek Pemenang Polres Lombok Utara, 8 orang dari petugas Damkar serta dibantu oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan alat seadanya sehingga api dapat di padamkan." Kata Purnama.

Sementara itu juga, Pukul 21.00 Wita telah tiba dilokasi kebakaran, Kapolda NTB. Irwasda Polda NTB, Dir Intelkam Polda NTB, Dir Reskrimum Polda NTB.Dir Rekrimsus Polda NTB.Dansat Brimob Polda NTB.Kabid Dokkes Polda NTB.Kabid Humas Polda NTB.Kapolres Lobar.. Bupati KLU. Sekda KLU.

Selanjutnya Gubernur NTB juga tiba dilokasi. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 01.00 wita dinihari ini oleh Satgas Karhutla Gabungan Kab. Lombok Utara yang terdiri dari, 2 Pleton Polres Lotara.1 Regu BPBD KLU.1 Regu PMI KLU.1 Regu Damkar KLU. 1 Regu Koramil Tanjung.
dan dibantu Satgas Karhutla NTB terdiri dari: 2 Pleton Dit Sabhara Polda NTB.1 Kompi Sat Brimob Polda NTB.1 Pleton Kompi Brimob KLU.1 Pleton Sat Sabhara Polres Lobar.1 Pleton Yonzipur 10/2 Kostrad.1 Regu BPBD Prov NTB. 1 Regu KPH Rinjani Barat. 1 Regu Tagana Prov. NTB.

Hal itu juga, personil jajaran Pemda Lombok Utara melibatkan peralatan sebagai berikut, 5 Unit Water Canon. 4 unit Truk Tanki air PU KLU.1 Unit Truk Tangki air Polres Mataram. 1 Unit Truk tangki air Polres Lotara. 1 Unit Truk Tangki Polda NTB. 1 Unit Truk Tangki PMI Prov. NTB.1 Unit Damkar KLU.

" Dan Satgas Karhutla NTB saat ini masih standby untuk mengantisipasi munculnya titik api kembali, melihat angin berhembus cukup kencang. Dihimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya sekitar area agar tidak membuang puntung rokok sembarangan demikian disampaikan Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama.(Dvd).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar