SPACE IKLAN

header ads

Kapolsek Tambora NTB, Redamkan Karhutla di Gunung Desa Kawinda Toi


Foto. Jajaran Kapolsek Tambora sedang padamkan api di gunung Kawinda Toi Bima.

WARTABUMIGORA.COM, BIMA,-- Kapolsek Tambora IPDA Nurdin Bersama personelnya melakukan pemadaman api terhadap kebakaran lahan seluas sekitar 50 area diduga dibakar oleh warga Desa Kawinda Toi dengan tujuan membersihkan lahan untuk persiapan musim tanam jagung, Jumat (18/2019) sekitar Pukul 08:30 Wita, bertempat di lahan gunung Desa Kawinda Toi  Kecamatan Tambora Kabupaten Bima.

Kapolsek Nurdin mengatakan, Di ketahui  adanya Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) berawal informasi dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran lahan di gunung Desa Kawinda toi kemudian kapolsek bersama personelnya langsung menuju lokasi kebakaran dan terlihat jarak pandang dari arah jalan raya sekitar 100 meter.

"Sesampainya di lokasi terlihat beberapa pohon kecil yang sudah ditebang, rumput kering dan kumpulan daun pohon kering yang terbakar, selanjutnya personel polsek tambora langsung memadamkan api dengan peralatan yang disediakan oleh Satgas Karhutla Polres Bima serta alat seadanya di sekitar lokasi," katanya.


Kapolres Bima AKBP Bagus S. Wibowo S.I.K melalui IPTU Hanafi menghimbau kepada masyarakat, mengingat saat ini  kondisi panas dan angin kencang maka apabila mau membakar lahar miliknya untuk persiapan tanam jagung agar  semak belukar di potong dan di kumpulkan pada satu tempat dan membuat sekat supaya api tidak menjalar ke lokasi lain atau ke hutan.

"Pemilik lahan harus menjaga, setelah selesai dan yakin api sudah padam baru meninggalkan lokasi," tegasnya. (abd)
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar