SPACE IKLAN

header ads

Rekapitulasi KPU Dompu Selesai, Kehadiran Pemilih Meningkat 93,53 Persen

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU, Anshory, SE.

WARTABUMIGORA. Dompu - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dompu hari ini Rabu, (16/12) menggelar Rapat Pleno Terbuka terkait Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020, di Aula KPU, setempat.

Acara rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020 ini pantauan WartaBumiGora.id. berjalan tertib, sukses dan lancar yang dihadiri oleh Kapolres Dompu, Bupati yang diwakili Sekda, Dandim Dompu, Kejari Dompu, dan Pengadilan Negeri Dompu. Selain undangan tersebut, juga acara pleno disaksikan dihadiri dan dicermati oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se Kabupaten Dompu.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU, Anshory, SE, pada warta di aula pleno mengatakan,  proses rapat pleno terbuka barusan di laksanakan 

"Alhamdulillah, kita sudah pleno rekap hasil pilkada tingkat kabupaten, pleno rekapnya menggunakan aplikasi online si rekap yang bisa di akses KPU dan si rekap ini alat bantu u mempercepat dan memudahkan proses serta memudahkan publikasi itu sebagai wujud transparansi kita kepada publik bahwa penyelenggaran pilkada kali ini benar benar pilkada yang sangat baik, sangat berwalitas, dan sangat bermartabat serta maraso," kata Anshory. Rabo (16/12/2020).

Anshory menjelaskan, selama kegiatan  dihadiri oleh Kapolres Dompu, Bupati yang diwakili Sekda, Dandim Dompu, Kejari Dompu, dan Pengadilan Negeri Dompu. Selain undangan tersebut, juga acara pleno disaksikan dihadiri dan dicermati oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se Kabupaten Dompu. Ada catatan penting Dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dompu, beberapa catatan dan masukan terutama terkait data  pemilih disabilitas yang jumlah pemilihnya untuk disinkronkan dengan data disabilitas yang ada didalam daftar pemilih tetap (DPT).

" Catatan ini dalam artian bukan berarti ada masalah selama proses penyelenggaran hingga pencoblosan dan pemungutan suara yang jelas aman tertib dan terkendali, catatan itu dimaksudkan bawaslu sebagai input konstruktif bagi KPU kedepannya bahwa penyandang disabilitas diperlukan proporsionalitas dalam DPT akan ketercaverannya." Jelas dia.

Ketua KPU Kabupaten DompuArifuddin saat dihubungi di ruang kerjanya rabu, 16/12 mengatakan, Pleno sudah selesai berjalan lancar aman dan terkendali.

" Artinya kami sudah selesai mengajukan pleno,  terkait rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020  serta telah menyerahkan berita acara rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020," ucap Ketua KPU Dompu.

Ia menjelaskan, tingkat partisipasi pemilih mencapai 93,53%, ini capaian yang tertnggi selama pilkada karena kita mendapatkan peringkat pertama di wilayah NTB, dan urutan kelima tertinggi tingkat nasional.(Nukman).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar