SPACE IKLAN

header ads

KABASARNAS Turun Langsung Tinjau Pengamanan di WSBK Mandalika

Berita Nasional
HEADLINE NEWS
Oleh. Wir
Editor. L. Muhasan
22 November 2021.

Lombok Tengah - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (KABASARNAS), Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi didampingi Direktur Kesiapsiagaan, Agus Haryono dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, Nanang Sigit PH turun langsung meninjau pelaksanaan pengamanan (siaga SAR khusus) Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika International Street Circuit, pada Minggu (21/11/2021).

Bertempat di Command Center (Paddock), di hadapan Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan, KABASARNAS, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi menyampaikan paparannya terkait pengamanan yang dilaksanakan oleh BASARNAS selama event IATC dan WSBK berlangsung. Turut hadir Menteri Perhubungan, Menteri Koperasi dan UKM, Wamen II BUMN, Gubernur NTB, Danrem 162/WB, Kapolda NTB, Dirut ITDC, Vice President MGPA, Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis, dan Aburizal Bakrie. ‘’Personel yang dikerahkan sebanyak 129 orang,’’ kata KABASARNAS, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

Henri menyebutkan, bahwa personel yang dikerahkan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram sebanyak 103 orang, ditambah perkuatan dari ABK KN (Kapal Negara) SAR Kamajaya sejumlah 16 orang dan 10 personel dari Basarnas Spesial Group (BSG).

 ‘’Untuk alut (alat utama) yang disiagakan antara lain; kapal laut, RIB (Rigit Inflatable Boat), perahu karet, jetski, masing-masing jumlahnya 2 (dua) unit, dan 1 (satu) unit helikopter HR-3603 dan sea rider,’’ ujarnya.

Selain itu, sebanyak 9 (Sembilan) personel siaga di dalam area paddock, sementara sisanya ditempatkan di posko. Ada lima posko yang didirikan yaitu Posko Temporary Bukit Seger, Unit Siaga SAR Mandalika, Posko Utama Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, Rescue Boat (RB) 220 Mataram, dan Posko Mobiling KN SAR Kamajaya.

Pengamanan telah dilaksanakan sejak tanggal 12 hingga 21 November 2021. Dalam pelaksanaan, BASARNAS senantiasa bersinergi dengan unsur dari TNI, Polri, RSUD Provinsi NTB, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, BMKG, dan lainnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar