SPACE IKLAN

header ads

Sejumlah Istri Wakil Rakyat Gelar Bimtek Kuatkan Kapasitas IISWARA Sumbawa dalam Membangun Daerah

Berita Nasional
HEADLINE NEWS
Oleh. Nukmn
Editor. L. Muhasan
8 November 2021.

Sumbawa NTBWakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviani SPd, MPd membuka secara resmi  Bimbingan Teknis dan Seminar Ikatan Istri Wakil Rakyat (IISWARA) DPRD Kabupaten Sumbawa dengan tema ; Peningkatan Kemampuan dan Pengetahuan IISWARA melalui Pelatihan Pemberdayaan Perempuan, Sabtu (6/11) di Sumbawa Grand Hotel Sumbawa Besar.

Wakil Bupati Sumbawa  Dewi Noviani SPd, MPd dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas  terselenggaranya kegiatan.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa sangat mensupport acara ini, karena materi yang diangkat sangat penting dan  secara langsung narasumbernya datang dari Jakarta dan hari sebelumnya juga telah berkunjung  melihat distinasi wisata  unggulan kita yakni Air Mata Jitu Pulau Moyo," Saya  ikut bangga karena Acara yang dikomandoi Ketua IISWARA, dr Selvi ini adalah seorang dokter yang tangguh, yang luar biasa melayani masyarakat khususnya di bidang kesehatan, " ujarnya. 

Kemudian lanjutnya, Acara ini perlu diberi jempol, karena untuk memotivasi perempuan. Perempuan jangan hanya seremonial mendampingi suami, tetapi perempuan bisa sejajar dengan kaum laki-laki dan kita lihat sendiri istri ketua DPRD menjadi dokter dan juga istri anggota dewan lainnya ada yang  menjadi guru menjadi pengusaha yang lebih penting lagi di bidang kewirausahaan, karena saat pandemi, memberikan dampak yang luar biasa yang menghantam segi-segi perekonomian Sumbawa.  Alhamdulillah di akhir tahun 2021 disaat kita jarang bersilaturahmi langsung tatap muka karena pandemi, kita bisa mengikuti acara yang diprakarsai oleh IISWARA DPRD Kabupaten Sumbawa tentang public speaking oleh perempuan. 

"Karena perempuan secara umum pekerjaannya mendampingi suami, merawat anak, mempersiapkan kebutuhan keluarga di rumah,  merupakan pekerjaan yang rutinitas dari pagi hingga malam   sehingga dibutuhkan perempuan yang tangguh,  tidak hanya dari luar tapi juga dari dalam" imbuhnya. 

Dengan acara ini bisa menggali bagaimana perempuan  tampil cantik luar dan dalam, membangun Kecerdasan intelegensi dan kecerdasan emosional. Hal  ini harus dilatih karena dalam menyampaikan informasi itu harus tuntas dan tidak setengah setengah. Yang kedua perempuan itu tidak boleh cengeng sedih dalam mendampingi suami. 

"Saya ingin ikuti acara seminar, karena Ilmu itu harus dicari dari siapapun dan bisa bermanfaat bagi semesta.tutup Wabup yang  dilanjutkan dengan membuka  bimtek dan seminar secara resmi." Katanya. 

Sebelumnya, dalam laporan Ketua panitia pelaksana Zulzilawati Syamsul Fikri menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya merespon  atas era  informasi dan teknologi yang begitu pesat.

"Hampir setiap saat lalu lintas informasi dan kehadiran teknologi informasi menjadi menu sehari-hari kita,  setiap individu dituntut untuk terus melatih diri meningkatkan kapasitas dan meng-upgrade pengetahuan, pengalaman dan pemahaman skill dan wawasan sehingga setiap individu harus mampu dan memiliki kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual, " Ucapnya

Kemudian lanjutnya, dalam konteks kegiatan ini, kami selaku panitia merasa penting menghadirkan acara yang  menjadi kebutuhan individu khususnya bagi kaum perempuan untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan baik dalam rumah tangga maupun dalam interaksi sosial kemasyarakatan. 

Kegiatan Dalam Seminar ini kami ambil dalam bidang komunikasi yaitu public speaking guna mendapatkan pembekalan dan informasi yang berkaitan dengan cara mengelola ide dan gagasan dan informasi, melatih mental, berpenampilan menarik dalam berbicara sekaligus memberi performa terbaik dalam setiap Event  formal maupun non formal.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh IISWARA DPRD kabupaten Sumbawa yang berlangsung selama 2 hari tanggal 6 sampai 7 November 2021 di Sumbawa Grand Hotel, kegiatan hari pertama adalah Bimtek peningkatan potensi kaum perempuan tentang public speaking hari kedua yaitu seminar tentang berpenampilan cantik menawan dan sehat serta kiat menjaga kebugaran bagi IISWARA,Yang materinya disampaikan oleh Putri pariwisata Indonesia 2014. Ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan bersumber dari APBD 2021. 

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah turut membantu berpartisipasi aktif yang mendukung terlaksananya kegiatan ini pungkas, "Zulzilawati. 

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan sambutan oleh Ketua IISWARA DPRD Kabupaten Sumbawa dr Selvi Abdul Rafiq dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada wakil bupati Sumbawa yang telah hadir.

"Acara ini terselenggara berkat kerjasama Seluruh panitia, pihak hotel, dokumentasi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa dalam hal ini Wakil Bupati yang telah disupport dengan dana dari APBD berupa dana hibah,"Ungkap Selvi

Tidak hanya Bimtek yang di adakan tapi ada juga  kegiatan sosial, diantaranya adalah pemberian bantuan sembako untuk lansia dan penyandang disabilitas ada 740 paket terdiri atas 10 kg beras, 2 KG gula 2 liter minyak dan 1 kaleng susu.

"Paket kepada 740 orang lansia dan disabilitas ini tersebar di 5 daerah pemilihan dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Sumbawa dan sudah dilaksanakan. " Kata Selvi. 

Kemudian lanjutnya, ada pemeriksaan audiometri bagi mahasiswa-mahasiswi yang tunarungu kerjasama dengan dokter Dian spesialis THT untuk mengetahui seberapa besar kemampuan pendengarannya  terjaring ada 4 orang yang dibantu. 

Ada juga bantuan kepada mereka yang tidak bisa berjalan berupa kursi roda sejumlah 35 buah. Diantara  ada yang terkena folio,  lumpuh layu,  disabilitas ada juga karena kecelakaan,yang tersebar di seluruh Kecamatan. intinya bagi kami jika ada informasi yang butuh di batu. 

"Juga ada bantuan timbangan digital  bayi di kecamatan-kecamatan, karena kami perhatikan beberapa posyandu di desa, timbangan bayinya  belum maksimal, yang dimiliki  Bel sesuai dengan standar, dalam waktu dekat di akhir November atau Minggu 3 November, akan kami bagikan ke petugas posyandu di 24 kecamatan." Bebernya. 

Disamping itu, ia juga melaksanakan bimtek tentang kepemimpinan mengingat Kami adalah istri dari pejabat publik sehingga saat kami  diminta untuk berbicara didepan umum bisa siap,  dan satu lagi adalah pelatihan tenaga kemasyarakatan. 

"Terakhir kami berterima kasih kepada pemerintah daerah sehingga bisa melangsungkan kegiatan-kegiatan tersebut. Kami lalu menyebutkan bahwa  kegiatan ini dilaksanakan dari danah hibah agar pesannya sampai bahwa Pemerintah Daerah hadir di tengah-tengah masyarakat melalui IISWARA DPRD Kabupaten Sumbawa".  Pungkasnya.

Dalam acara tersebut hadir ketua IISWARA, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sumbawa,  Ketua Tim PKK Kabupaten Sumbawa, diwakili Hj Yuniati Ishak,   Ketua Darmawanita Persatuan Kabupaten Sumbawa Hj. Rohani Hasan Basri, Ketua Persit Candra Kirana, Ketua Bayangkari Kabupaten Sumbawa, ketua persatuan wanita pengadilan Kabupaten Sumbawa, Pengurus dan  Anggota GOW Kabupaten Sumbawa,  dan Putri Indonesia Pariwisata 2014 dr Estelita Liana. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar