SPACE IKLAN

header ads

Desa Setiling Kini Punya Produk Unggulan "JAMU SENAMIAN " Khas Desa Setiling

Berita Nasional
HEADLINE NEWS
Oleh. Wir
Editor. L. Muhasan
Kamis 6 Januari 2022.

Lombok Tengah - Mahasiswa KKN UNRAM 2021 Tomi Hasan Basri Berhasil mengembangkan potensi desa yang ada di Desa Setiling kecamatan Batukliang Utara. pihaknya melakukan pengkajian yang cukup lama, serta sosialisasi pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat pada akhirnya Mahasiswa KKN UNRAM tersebut Melaunching sebuah Produk yang nantinya akan menjadi Produk Unggulan Desa Setiling yakni JAMU TRADISIONAL "SENAMIAN" Lombok Khas Setiling. 

Kegiatan tersebut, di resmikan langsung oleh Bapak Kepala Desa Setiling dan hadiri oleh Kepala Dusun Se - Desa Setiling, ibu-ibu PKK, Karang Taruna, Perwakilan pelajar, guru dan tamu undangan yang berasal dari berbagai komunitas masyarakat.Selain melaunching produk pada saat itu, juga di Resmikannya Rumah Produksi dan Lahan Percontohan Tanaman Obat di tempat yang sama berlokasikan di Dusun Gunung Komak, desa Setiling, kecamatan Batukliang Utara.

Secara umum kegiatan tersebut berlangsung cukup baik dan lancar, terlihat dari antusias masyarakat yang hadir begitu banyak mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir kegiatan. Kegiatan diawali dengan penyambutan tamu yang kemudian diajak untuk ke lahan Tanaman Obat untuk mempelajari bagaimana cara penanaman bibit obat, pengolahan lahan, pembuatan produk hingga pada akhirnya tamu undangan bisa langsung mencicipi olahan produk jamu yang telah disiapkan Kemudian setelahnya, para tamu undangan dipersilahkan untuk mengikuti kegiatan utama yakni acara launching produk. 

Ketua KKN UNRAM Tomi Hasan Basri menyampaikan, Asal mula tercetusnya produk JAMU TRADISIONAL "SENAMIAN" Pihaknya melihat potensi Desa Setiling yang berlimpah yakni masyarakat banyak menanam tanaman obat di kebun maupun pekarangan rumah tapi hanya di jual dalam bentuk bahan baku saja itupun dengan harga yang sangat murah. 

" Bahkan dibiarkan tergeletak begitu saja di dalam kebun. Dari sana, ia berinisiasi bagaimana menciptakan sebuah produk yang bernilai ekonomi tinggi yang dapat menguntungkan masyarakat setempat," Ujar Tomi Kamis, (6/1/2022).

Terkait Diberikan brand atau merk SENAMIAN ia menjelaskan dalam bahas SASAK SENAMIAN artinya SEMUA karena memang jamu ini sangat layak diminum untuk semua kalangan baik dari anak-anak sampai dewasa. SENAMIAN juga memiliki kepanjangan. 

"SETILING NALET, SETILING MERIAPAN"." Jelasnya. 

Varian jamu yang di produksi olehnya ada 4 varian di antaranya, Jamu Beras Kencur, Jamu wedang Jahe, Tamulawak, dan Kunyit asam. Masing-masing Jamu memiliki keistimewaan dan manfaat tersendiri  selama mahasiswa KKN UNRAM melaksanakan pengabdian di Desa Setiling. 

" Dan sudah membentuk kelompok Ibu-ibu yang akan siap melanjutkan ikhtiar dalam memproduksi  jamu SENAMIAN itu sendiri Sehingga nantinya desa Setiling akan menjadi central pembuatan Jamu Tradisional yang ada di Lombok." Harapnya.

Selain itu juga Kepala Dusun ( Kadus ) Gunung Komak Zakaria sekaligus sebagai ketua Kelompok Produk Jamu SENAMIAN mengatakan. 

"Kami sudah mulai menanam jahe dari tahun 2011 hingga sekarang, kami diberikan langsung bibitnya dari pemerintah kabupaten, dan alhamdulillah sering berkunjung ke tempat ini." bebernya.

Tak hanya itu, Zakaria juga menghimbau agar seluruh masyatakat gunung komak agar turut serta didalam mengembangkan tanaman obat ini, dan pihaknya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa KKN UNRAM Bidang Rumah Pangan Lestari karena telah mau membagi ilmunya dalam membina dan melatih masyarakat dalam mengolah tanaman obat ini menjadi sebuah produk yang sebelumnya tidak pernah terbayang oleh masyarakat setempat.ia juga sangat mengharapkan dukungan penuh dari pemerintah desa didalam mengembangkan produk jamu ini." Harapnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Setiling Lalu Agus Satriaji menyampaikan Rasa Syukur yang mendalam atas di lounchingnya produk yang memiliki brand JAMU SENAMIAN ini. 

"Semoga ini menjadi produk kebanggaan Desa Setiling kedepannya, dengan harapan juga Pihak UNIVERSITAS MATARAM memberikan pembinaan berkelanjutan untuk masyarakat Desa Kami; " Ujarnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar