SPACE IKLAN

header ads

Jelang Moto GP, Pokdarwis Diminta Informasikan Potensi Wisata dan Atraksi Budaya

HEADLINE NEWS
Oleh. Ils
Senin 31 Januari 2022.

Lombok Barat - Jelang Pelaksanaan MotoGP Maret 2022 mendatang, Pemkab Lombok Barat terus melakukan berbagai persiapan untuk menyambut even internasional tersebut. Setelah mempersiapkan berbagai infrastruktur pendukung, Pemkab Lombok Barat kini mempersiapkan desa wisata sebagai destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Hal ini tentu membutuhkan kerja keras dan kerja ekstra dari Kelompok Sadar Wisata.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lombok Barat, H.Fauzan Khalid saat menutup Pelatihan Jurnalistik untuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Se Lombok Barat, Sabtu, 29 Januari 2022 di Taman Wisata Alam Kerandangan Desa Senggigi. Menurut Fauzan, Pokdarwis memiliki peran besar dalam upaya mempublikasikan potensi yang dimiliki desa wisata dan atraksi atraksi budaya yang dimiliki. Hal ini tentu menjadi informasi bagi para wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata di Lombok Barat khususnya desa wisata. Karenanya ia meminta kepada Pokdarwis untuk dapat mengimplementasikan dan mempraktikkan ilmu yang diperoleh dalam pelatihan Jurnalistik ini untuk dapat menuliskan informasi informasi tentang potensi wisata dan atraksi budaya yang dimiliki oleh desa wisata. 

"Saya minta kepada Pokdarwis untuk dapat menulis informasi seputar Potensi Wisata dan Atraksi Budaya sehingga dapat menjadi referensi bagi wisatawan untuk berkunjung. Bisa melalui medsos atau website desa sehingga dapat diakses secara luas dan cepat," ujarnya.

Bupati Fauzan mengatakan semua pihak harus belajar dan melakukan berbagai evaluasi dari event WSBK tahun lalu. Sehingga berbagai kekurangan saat WSBK tidak terjadi saat event MotoGP. Menurutnya jumlah penonton saat even WSBK hanya 25 persen dari jumlah penonton saat event MotoGP atau dengan kata lain jumlah penonton saat even Moto GP diperkirakan 4 kali lipat dari WSBK. Karenanya Bupati meminta semua pihak untuk melalukan berbagai persiapan dalam menangkap peluang dari event MotoGP 2022. 

"Mulai dari kuliner, souvenir hingga peluang transportasi harus kita tangkap dan persiapkan dengan baik agar event MotoGP ini dapar memberikan nilai tambah untuk masyarakat Lombok Barat," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati dua periode ini mengatakan bahwa saat ini sudah ada ratusan komunitas motor yang akan camping ground di Gunung Jae saat event MotoGP. Selain itu juga ratusan tamu dari Palembang, Sumatera Selatan juga akan menginap di Gili Gede Kecamatan Sekotong saat event internasional tersebut berlangsung. Ia juga menyampaikan bahwa karena kekurangan kamar dua kapal pesiar akan bersandar di Pelabuhan Gili Mas sebagai tempat menginap para wisatawan.

 "Ini peluang dan Pemkab sedang menjajaki agar konsumsi dari wisatawan di kapal pesiar tersebut dapat dari Lombok Barat dan Travel yang mengantar mereka ke Mandalika dan tempat lainnya diharapkan berasal dari Lobar agar masyarakat merasakan manfaat dari event MotoGP 2022," ujarnya.

Bupati Fauzan mengatakan bahwa pihaknya bersama Pemerintah Daerah ingin masyarakat menerima manfaat dari event MotoGP. Sehingga hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lombok Barat. Karenanya ia meminta agar Pokdarwis dapat menulis berita yang menarik agar wisatawan tertarik berkunjung ke desa wisata untuk menikmati kuliner, atraksi budaya hingga membeli souvenir dari desa wisata. 

Menurutnya hal ini tentu butuh persiapan dan kemampuan untuk menangkap peluang. Karenanya ia sangat mendukung Diklat Jurnalistik bagi Pokdarwis yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan (Forta) Lombok Barat bersama Pemkab Lobar. Hal ini diharapkan dapat menghasilkan tulisan yang menarik dari Pokdarwis sehingga wisatawan dan penonton MotoGP tertarik berkunjung.

 "Kami sangat apresiasi pelatihan jurnalistik untuk pokdarwis. Kami harapkan pelatihan ini dapat memberikan ilmu dan kemampuan bagi para pokdarwis jelang pelaksanaan even MotoGP Maret 2022 di Mandalika," ujarnya.

Pelatihan juranlistik untuk Pokdarwis ini diikuti oleh perwakilan Pokdarwis dari semua Kecamatan. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Forta Lobar di Taman Wisata Alam Kerandangan Senggigi. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal menulis bagi Pokdarwis dalam menyambut Even MotoGP Maret 2022 mendatang.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar