SPACE IKLAN

header ads

MTsN 1 Lombok Tengah Sukses Gelar Pengukuhan dan Pelantikan Pramuka Garuda

Berita Nasional
HEADLINE NEWS
Oleh. Wir
Editor. L. Muhasan
Jumat 14 Januari 2022.

Lombok Tengah - Pramuka Garuda merupakan sebutan bagi pramuka yang telah menyelesaikan tingkat kecakapan tertinggi pada jenjang pendidikan (golongan) masing-masing. Pramuka Garuda adalah seorang pramuka yang dapat menjadi teladan serta telah memenuhi Syarat Pramuka Garuda dan memiliki Tanda Pramuka Garuda.

Tanda Pramuka Garuda merupakan tanda kecakapan tertinggi yang diberikan kepada seorang peserta didik  pramuka yang memenuhi syarat Pramuka Garuda. Dasar hukum dan panduan penyelenggaraan pramuka garuda diatur berdasarkan SK Kwartir Nasional Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Pramuka Garuda dibedakan dalam empat golongan sesuai dengan jenjang pendidikan dalam gerakan Pramuka. Keempat golongan tersebut di antaranya, Pramuka Garuda untuk Pramuka Siaga, Pramuka Garuda untuk Pramuka Penggalang, Pramuka Garuda untuk Pramuka Penegak, Pramuka Garuda untuk Pramuka Pandega. 

Tanda Pramuka Garuda

Tanda Pramuka Garuda berbentuk segi lima beraturan dengan masing-masing sisi selebar 2,5 cm dan berbingkai kuning emas. Di tengah segi lima terdapat gambar burung garuda kedua sayapnya yang terbuka, lambang Gerakan Pramuka di dada burung garuda, dan sehelai pita bertuliskan "Setia - Siap - Sedia" yang dicengkeram oleh kedua cakar burung garuda.

Hal itu di sampaikan Kak Muliadi M.Pd (Kasi Penmad) yang juga merupakan ketua Satuan Komunitas Pramuka Ikhlas Beramal Kemenag Lombok Tengah bertempat di Aula MTsN 1 Loteng, Jumat (13/1/2022).

" Tidak ada batasan bagi Pramuka dalam meraih impiannya. Kwartir Cabang Lombok tengah mengadakan Uji Pramuka Garuda pada minggu kedua bulan Desember lalu Hampir semua gugus depan di kabupaten Lombok Tengah mengikuti pengujian Pramuka Garuda tersebut." Katanya. 

Ia menjelaskan bahwa, Pramuka Garuda merupakan capaian tertinggi dalam setiap golongan Pramuka. Tidak hanya itu, Pramuka Garuda juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi orang-orang di sekitarnya, sehingga untuk menjadi Pramuka Garuda tidak mudah,dimana pramuka garuda merupakan penghargaan tertinggi di jenjang pramuka,semua itu telah di atur oleh keputusan kwarnas tentang petunjuk pramuka garuda,ucapan selamat kepada orang tua yang telah melahirkan dan mendidik putra putri nya hingga mampu meraih penghargaan pramuka garuda.

" Tentu penghargaan ini dapat di jadikan motivasi kepada teman -teman dan menjadi contoh teladan bagi sesama," Jelasnya. 

Sementara Kepala MTsN 1 Loteng Masdiono S.Ag, M.Pd  yang juga sebagai dewan pembina Pramuka Gudep 10-001-002 MTsN 1 Lombok Tengah menyampaikan dalam laporannya pendidikan kepramukaan di MTsN 1 Loteng berjalan dengan baik dan lancar,meski kondisi Pandemi tidak menjadi kendala dengan beberapa strategi diantaranya terberntuknya kelompok Lumbung Pangan Gusus Depan.

" MTsN 1 Loteng telah banyak mencetak pramuka dengan kualifikasi Pramuka Garuda di antaranya,2013 mencetak 1 orang Pramuka penggalang Garuda,2017 mencetak 1 orang penegak Pramuka Garuda,2020 Mencetak 9 orang penggalang garuda,dan di 2021 lalu mencetak 2 orang pramuka penggalang garuda dan 1 orang pramuka pandega garuda." Katanya. 

Pramuka garuda di persiapkan mengikuti kegiatan dari tingkat ranting hingga nasional,MTsN 1 loteng selalu mengirimkan anggotanya baik jambore nasional,kemah budaya nasional di kepulauan riau dan bangka belitung untuk jambore nasional tahun ini.

Sementara itu ketua harian Kwartir ranting H.Sumum juga sangat mengapresiasi atas capaian selama 32 tahun yang tepat hari ini memperingati hari jadi Gugus Depan 10-001-002  MTsN 1 Loteng yang telah mampu mencetak pramuka Garuda , jadikan capaian pramuka garuda yang di raih sebagai contoh teladan bagi sesama baik di lingkungan tempat tinggal maupun di sekolah,pramuka garuda di harapkan dapat selalu mengikuti kegiatan kepramukaan baik tingkat daerah,nasional maupun internasional.

" Kepada orang tua wali dengan prosesi mencuci telapak kaki dengan bersimpuh memohon doa restu kepada orang tua wali atas capaian yang di raih menjadi Pramuka Garuda." Pesannya. 

Kegitan pramuka garuda di MTsN 1 Loteng ini di hadiri oleh orang tua wali dari siswa yang di kukuhkan dan siswa yang di kukuhkan sembari meminta doa restu kepada orang tua wali dengan prosesi mencuci telapak kaki dengan bersimpuh memohon doa restu. 


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar