SPACE IKLAN

header ads

Beri Semangat, MGMP MTsN 1 Lombok Tengah Di Buka Oleh Kakanmenag

HEADLINE NEWS
Oleh. Wr
Sabtu 19 Februari 2022.

Lombok Tengah - Guru miliki peran strategis pada bidang pendidikan. Bahkan, tidak jarang sumber daya pendidikan yang memadai, kurang bermakna jika tidak didukung oleh guru yang berkualitas. Dalam banyak kasus, kualitas sistim pendidikan berkaitan dengan kualitas guru. Posisi sentral pendidik dalam keberhasilan siswa, menuntut guru untuk terus meningkatkan kompetinsinya (pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial) sesuai dengan tuntutan perubahan di dunia pendidikan.

Sepanjang karirnya, guru dituntut untuk terus mengasah diri sebagai seorang pendidik profesional yang  adaptif dan inovatif. Dalam konteks demikian, guru harus memiliki kompetensi untuk melakukan adaptasi dan inovasi berkelanjutan. Lebih dari itu, guru bukan hanya mesti melakukan sesuatu menjadi lebih baik, tetapi juga mencari cara baru yang lebih efektif guna mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik. Kapasitas guru untuk menghadapi perubahan, belajar darinya, dan membantu siswa belajar darinya akan sangat penting bagi perkembangan masyarakat di masa depan,

Hal ini di sampaikan oleh kepala Kantor Kemenag Loteng H.Zamroni Aziz SHi,MH saat membuka kegiatan MGMP Try Out Penyususnan Naskah Soal Try Out dan Ujian Madrasah Lingkup Guru Mata Pelajaran MTsN 1 Lombok Tengah Jum'at (18/2/2020).

Tak hanya itu ,H.Zamroni Aziz juga Mengajak untuk Jadikan MTsN 1 Lombok tengah ini menjadi role model pembelajaran Prestasi baik di tingkat Kabupaten maupun Nasional mengingat banyaknya antusias dari wali murid ingin menyekolahkan putra putrinya di Madrasah.

" ini bukan tugas dari kamad ( Kepala Madrasah )saja namun ini merupakan tugas dari kita semua tenaga pendidik yang ada di MTsN 1 Loteng,guru dan wali kelas merupakan ujung tombak dari keberhasilan siswa demi masa depannya yang mampu melihat kemampuan anak didiknya." Katanya. 

H.Zamroni Aziz mengapresiasi banyaknya sekolah atau madrasah Aliyah yang mempromosikan/ Mensosialisasikan sekolahnya di MTsN 1 Loteng mulai dari SMK penerbangan dan yang terbaru MAN-PK ( MAN 2 Mataram ) juga telah mulai mensosialisasikan lembaga pendidikannya.

Sementara itu Kepala MTsN 1 Lombok Tengah Masdiono M.Pd saat memberikan Sambutan selaku ketua panitia menuturkan pelajaran Di MTs melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai asosiasi atau himpunan guru memegang peranan strategis untuk meningkatkan dan memperkuat kompetensi guru melalui diskusi dan pelatihan.

" Peran utamanya adalah memfasilitasi guru dalam bidang studi yang sama dalam bertukar pendapat dan pengalaman. Namun, masih banyak guru yang tidak aktif sehingga tidak berkembang dan statis walaupun sudah mengikuti kegiatan MGMP." Ujarnya. 

Selain itu, akibat tidak banyaknya peran yang bisa dilakukan oleh MGMP, kemampuan guru mengajar yang ditunjukkan oleh indikator keberhasilan siswa masih rendah, seperti terlihat dari peringkat Programme for International Student Assesment (PISA) dan hasil ujian nasional (UN). Penguatan kompetensi guru melalui MGMP khususnya di Lingkup MTsN 1 Loteng.

" Satukan hati,pikiran dan jasad kita dalam kegiatan ini demi memajukan program belajar dan MTsN 1 loteng dan mengantarkan siswa siswi kita menuju masa depan lebih baik,"tutup Masdiono M.Pd.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar