SPACE IKLAN

header ads

Bunda Niken Sebut, Pandemi Covid - 19 Ajarkan Para UMKM Sadar Digital


HEADLINE NEWS
Oleh. Wr
Selasa 22 Februari 2022.

Lombok Tengah - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengatakan bahwa adanya pandemi Covid - 19 mengajarkan para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi NTB untuk sadar digital, dimana harus semakin belajar, cepat untuk beradaptasi, meningkatkan inovasi,  bersinergi dan memperluas jaringan.

"Selama pandemi Covid - 19 di NTB memang mengalami banyak perubahan, selama pandemi membuat kita semua berubah dan harus beradaptasi, inovasi serta bersinergi dengan cara cara yang tidak biasa," tutur Bunda Niken saat memberikan sambutan dalam acara DigiTalk "UMKM NTB Siap Sambut MotoGP 2022 yang diselenggarakan oleh yang berlangsung di Novotel Hotel, Mandalika, Selasa (22/02).

Bunda Niken mengatakan bahwa pemanfaatan digitalisasi oleh para UMKM sudah tidak ada hambatan lagi, mulai dari proses jual beli, bahkan kurasi bisa secara digital. 

"Kurasi bisa dilakukan secara digital, dengan interview, pemasaran juga bisa dilakukan secara digital. Kita berharap UKM - UKM dapat melakukan adaptasi dalam proses bisnis ini dengan baik," pungkasnya.

Bunda Niken mengungkapkan agar para UMKM untuk dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disiapkan oleh Pemprov NTB dan senantiasa untuk terus belajar dari berbagai ilmu yang didapatkan, sehingga dapat terus meningkatkan kualitas.

"kegiatan ini menjadi suatu bagian dari upaya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas UMKM di NTB," ungkapnya. 

Pemerintah Provinsi NTB sendiri telah melakukan banyak ikhtiar - ikhtiar penting untuk UMKM, seperti menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Bela dan Beli Produk Lokal, penyediaan aplikasi marketplace NTB Mall, mendirikan NTB Mall offline store, hingga membentuk ekosistem dam Komunitas Start Up lokal NTB.

Dalam kegiatan ini turut hadir Wakil Bupati Lombok Tengah, Dr. H. Nursiah, S.Sos.,M.Si,  Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemkominfo, Septriana Tangkary, Founder & CEO Ladaea, Nanny Hadi Tjahjanto, Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M dan Ketua Lombok Womenpreneur Club (LWC) Indah Purwanti Ningsih. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar