SPACE IKLAN

header ads

Hari Nyepi Dipastikan Tidak Ada Arak-arakan Ogoh -ogoh

HEADLINE NEWS
Oleh. Ils
Selasa 1 Maret 2022.
Lombok Barat
- Umat Hindu di Lombok Barat, melaksanakan upacara Melasti di Pantai Endok Dsn. Taman, Desa Taman Ayu, Kec. Gerung, Kab. Lobar, Senin (28/2/2022).

Upacara Melasti merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1944 Masehi, melakukan persembahyangan bersama di Lokasi ini.

Ketua Panitia Hari Besar Hindu Gede Merakih berharap melalui upacara ini, cepat menghilangkan Pandemi ini.

“Kami melaksanakan upacara melasti yang merupakan rangkaian hari raya Nyepi, mudah-mudahan  dengan pelaksanaan kegiatan ini bisa cepat menghilangkan Pandemi ini,” harapnya.

Sehingga, dirinya menekankan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yang tidak mengurangi makna dan tujuan dari pelaksanaan upacara ini.

Ketua PHDI Kab. Lobar melalui Sekretaris PHDI Kab. Lobar Dewa Nyoman Alit memastikan Pengerupukan dilaksanakan persembahyangan dilaksanakan di masing - masing banjar.

“Sehingga dipastikan tidak ada arak-arakan ogoh-ogoh di Lombok Barat, karena Pengerupukan persembahyangan dilaksanakan di masing - masing banjar,” ungkapnya.

Demikian juga dalam kegiatan Melasti di Kabupaten Lobar, lokasi persembahyangan dibagi menjadi beberapa tempat untuk wilayah Selatan Gerung, Kediri, Kuripan dan Lembar.

“Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kerumunan saat pelaksanaan upacara, sehingga rangkaian nyepi diharapkan tetap berjalan lancar, demikian juga dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Gerung AKP Syarifuddin Zohri mengatakan, untuk pengamanan dipantau langsung Personel Polsek Gerung.

“Dalam pengamanan melakukan himbauan untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat, ditengah masa panemi saat ini,” ungkapnya.

Untuk di Wilayah Gerung sendiri, Kapolsek Mengatakan tidak ada perayaan ogoh-ogoh, karena masih dalam masa pandemic Covid-19.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar