SPACE IKLAN

header ads

Mangkunegara X Sudah Ditetapkan, GPH Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo Tahta Sang Ayah

HEADLINE NEWS
Oleh. Mell
Selasa 2 Maret 2022.
Surakarta
- Gusti Pangeran Hario (GPH) Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo ditetapkan menjadi Mangkunegara X meneruskan tahta sang ayah KGPH Mangkunegara IX yang wafat Jumat 13 Agustus 2021.

Penetapan Bhre disampaikan melalui surat pernyataan disampaikan Pangageng Wandana Satria Mangkunegaran KRMT Lilik Priarso di Pendopo Mangkunegaran, Selasa (1/3).

Joko Pramudya salah satu staf di Mangkunegaran menjelaskan bahwa, Pengumuman atau Wara-Wara dibacakan dalam bahasa Jawa.
Dalam surat teresebut Prameswari Dalem, Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX, memerintahkan kepada GRAy Retno Satuti Suryohadiningrat dan GRAy Retno Rosati Notohadiningrat mewakili keluarga dan KGPH Mangkunegara IX untuk menyampaikan pengumuman.


" Terdapat dua poin penting dalam pengumuman tersebut. Yakni untuk diketahui setelah surud dalem (meninggalnya) KGPAA Mangkunegara IX pada Jumat 13 Agustus 2021 dilakukan pertemuan keluarga. Pertemuan tersebut melibatkan keluarga dan saudara dari KGPAA Mangkunegara IX." Katanya. 

Setelah pertemuan keluarga dan kerabat lainnya, sesuai aturan adat dengan tulus ikhlas dan sepakat serta mendukung kepada Prameswari Dalem GKP Mangkunegara IX menobatkan Putra Dalam GPH Hario Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo, SH sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunegoro X.

Sedangkan tata cara adat Jemengan Dalem (Resepsi Naik Tahta Mangkunegara X) akan dilaksanakan pada Sabtu Paing 12 Maret 2022.

"Jadi inti dari pengumuman ini yaitu menetapkan Putra Dalem KGPAA Mangkunegara IX GPH Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo menjadi Mangkunegara X meneruskan tahta. Untuk tata cara adat pengukuhan akan dilakukan pada hari Sabtu 12 Maret 2022," ujar Joko Pramudya salah satu staf di Mangkunegaran



Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar