SPACE IKLAN

header ads

MIN 4 Lombok Tengah, Selenggarakan PTS dengan Sistem CBT

HEADLINE NEWS
Oleh. Wir
Selasa. 8 Maret 2022.

Lombok Tengah - Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap tahun Pelajaran 2021/2022 di MIN 4 Lombok Tengah dilaksanakan sesuai Kaldik (Kalender Pendidikan) , yakni mulai tanggal 7 Maret sampai 14 Maret 2022. Seperti kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil kemarin, kegiatan PTS Genap juga akan memakai system CBT menggunakan Google form. 

Hal ini tentunya bertujuan untuk melatih dan membiasakan siswa menggunakan CBT dalam kegiatan kegiatan ujian serta mempersiapkan siswa menghadapi kemajuan abad 21 yang semua serba digital khususnya kegiatan Ujian Madrasah yang akan dilaksanakan Pada April mendatang. Pada hari pertama pelaksanaan kegiatan PAS berbasis CBT menggunakan aplikasi google form.

" Alhamdulillah berjalan lancer meskipun terdapat sedikit kendala di jaringan namun hal tersebut dapat segera diatasi. Kelebihan penggunaan Google form ini adalah tampilannya yang menarik serta langkah-langkah pengoperasiannya yang cukup sederhana." Cetusnya. 

Soal dalam aplikasi ini juga dapat menampilkan gambar dan video yang jelas sehingga siswa lebih gampang menganalisis dan menjawab soal yang di sajikan. Tidak hanya itu, Guru cukup menginput soal beserta kunci jawaban dan skornya maka nilai akan otomatis tersimpan tanpa guru harus mengoreksi secara manual. Selain itu penggunaan CBT online menggunakan google form ini meminimalisir siswa bekerja sama atau mencontek karena soal di atur dengan mode acak sehingga mereka akan mendapatkan soal yang berbeda saat mengerjakannya di waktu yang sama. Salah satu kekurangan penggunaan aplikasi ini adalah banyak orang dapat

" Membuka link ujiannya karena link tersebut di share melalui WA group kelas. Karenanya untuk mengantisipasi hal tersebut maka di buatkan password untuk masing-masing link." Ujarnya. 

Ketika semua siswa selesai ujian password tersebut di blok agar tidak ada lagi yang mengaksesnya. Kekurangan dari pemakaian aplikasi ini juga terkait kemampuan siswa yang belum dapat mengetik di komputer sehingga soal yang di sajikan hanya berupa pilihan ganda.

Itu semua tidak lepas dari kontribusi tim penyelenggara MIN 4 Lombok Tengah. Zulhadi M.Pdi, kepala MIN 4 Lombok Tengah menyampaikan harapannya. 

“Mudah-mudahan CBT di MIN 4 Loteng dapat berlangsung dengan lancar  tanpa kendala sampai hari terakhir. Selesai dengan hasil yang sangat memuaskan. Dengan adanya PTS dengan Sistem CBT ini, semoga dapat memacu semangat belajar siswa serta bapak dan ibu guru semakin meningkatkan kualitas pembelajaran nya.” katanya. 

PTS diselenggarakan dengan sistem Computer Base Test (CBT) yang artinya dikerjakan menggunakan jaringan komputer dan internet dan tentunya harapan kami sebagai tenaga pendidik di MIN 4 Lombok Tengah ini selama proses PTS tidak terdapat kendala apapun baik itu media yang di gunakan maupun Signal jaringan internet tutup Kepala Madrasah Ibtida'iyah peraih Satya Lencana Karya Satya ini.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar