SPACE IKLAN

header ads

Sejak 13 Tahun Kabupaten Lombok Utara, Saat Ini H Djohan Sjamsu Bangun Kantor Bupati

HEADLINE NEWS
Oleh. Dvd. 
Kamis 3 Maret 2022.

Lombok Utara
- Bagian Prokopim Setda Kabupaten Lombok Utara laksanakan Expose Pembangunan Kantor Bupati Lombok Utara dihadapan sejumlah awak media baik dari media cetak, elektronik, dan media on line dengan menghadirkan  narasumber Bupati H Djohan Sjamsu, Kepala Dinas PUPR Kaharizal ST, dan Kaban Bappeda Parihin S. Sos, yang dipandu oleh Kabag Prokopim Lalu Gita Bayu STTP, betempat di ruang rapar Setda Rabu ( 02/03/2022 ).

Pada  kesempatan tersebut Bupati Djohan Sjamsu berharap semoga rencana ini berjalan sesuai rencana dan perlu dipahami juga bahwa pembangunan kantor bupati tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Daerah Tentang APBD tahun 2022.

"Bahwa, mulai tahun ini kita akan membangun kantor bupati di komplek pusat perkantoran Lombok Utara ini dengan anggaran APBD,"pungkasnya.

"Bupati juga menyebutkan bahwa dalam kurun waktu 13 tahun berdirinya Kabupaten Lombok Utara pada momentum sekarang inilah waktu yang tepat untuk membangun kantor sebagai ikon Lombok Utara disamping itu juga guna dapat memberikan pelayan prima kepada masyarakat,"cetusnya.

Lanjut kedepannya sebanyak 14 kantor SKPD akan kita bangun secara bertahap dan untuk tahun 2022 ini kita mulai membangun kantor Bupati.

Dijelaskan juga, anggaran Tahun 2022 ini adalah momen yang pas untuk membangun kantor bupati, dirinya paham kesulitan sekarang ini betul-betul nampak, lebih-lebih APBD KLU mengalami penurunan sebesar 4 Milyar.

Bupati juga menguraikan, pada awal tahun 2024 akan dilaksanakan Pilpres dan Pileg. Dan pada akhir tahun 2024 akan dilakasanakan Pilkada serentak.


Lebih lanjut bupati menyampaikan bahwa, disekitar kantor bupati juga akan di bangun berapa kantor OPD tapi tidak seluruhnya, karena sebagian OPD itu ada di wilayah Timur, dan sesuai dengan tata ruang kota, Tanjung sampai dibatas kali Lempenge.

"Harapannya konsentrasi kita fokus pada pembangunan daerah. Untuk itu mudahan-mudahan dengan terbangunnya kantor bupati ini pelayanan terhadap masyarakat akan lebih baik lagi dan konsentrasi kita fokus bagaimana Lombok Utara ke depan. Karena masih banyak yang belum kita bangun contoh pembebasan jalan  lingkar sudah dari 7 tahun yang silam kita proses dan rencana kita juga akan membangun jalan lingkar selatan,"sebut Djohan

Menjawab pertanyaan beberapa awak media Bupati mengatakan bertekad tahun 2022 mulai pembangunan kantor Bupati, Memang APBD menurun akibat covid 19.

Kita juga prioritas membangun pembangunan ekonomi salah satu program kita adalah memberikan kredit tanpa bunga

Di semua kegiatan mengalami kesulitan tapi insyaallah kesulitan akan bisa diatasi. 

"Kita juga membangun kantor bupati dari transfer umum, tidak meminjam,"tegas Bupati Djohan

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR KLU Kaharizal, ST menjelaskan terkait dengan pembangunan kantor bupati sesuai masterplan yang disusun pada tahun 2021 terdiri dari 4 zona. yaitu, zona 1 alun-alun yaitu lapangan tanjung, zona 2 zona legislasi yaitu pembangunan kantor dewan, zona 3 kantor bupati dan  4 zona OPD. 

"Kedepannya kita juga akan melakukan pembangunan Pendopo Bupati dan Wakil Bupati,"sebutnya.

Dikatakannya juga, pelaksanaan  pembangunan kantor bupati mulai dari penganggaran sesuai dengan peraturan bupati, bahwa anggaran sudah tertuang dalam DPA  Dinas PUPR dengan kisaran pagu anggaran sebesar 45 miliar. 

"Untuk kontruksi bangunan gedung 33 miliar, kontruksi landscape 10,8 miliar dan 1,8 miliar pengadaan konsultan manajemen kontruksi,"urai mantan Sekdis PU PR ini 

Berdasarkan analisa teknis yang dilakukan oleh tim, bangunan gedung yang di lakukan digabung dalam 1 paket. Sehingga akan mengefektifkan pembangunan sehingga menjadi 43,8 Milyar.

"Dari hasil lelang penawaran yang masuk dari pagu 43,8 miliar ditawar menjadi 42,3 Milyar. Untuk manajemen konsultan di tawar menjadi 1,1 Milyar sehingga di situ ada efisiensi anggaran,"pungkasnya. 

Dalam kesempatan itu disebutkan juga pelaksana atau rekanan yang menang adalah PT. Damai Indah Utama, kerjasama operasional dengan KJU dan konsultan manajemen kontruksi PT Momen Estetika Consultant kerjasama operasional dengan PT Polo Dwipa Consultant

Waktu pelaksanaan yakni selama 300 hari kalender sesuai kontrak 14 februari 2022 dan akan berakhir pada tanggal 15 Desember 2022

Untuk atap gedung kantor Bupati nantinya akan mengadopsi atap Masjid Kuno Bayan dan ini juga merupakan icon atau ciri khas dari Kabupaten Lombok Utara. 

"Semoga proses pembangunan ini kedepannya berjalan sesuai rencana dan tidak meninggalkan permasalahan apapun bentuknya di kemudia hari,"pungkas Kharizal.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar