SPACE IKLAN

header ads

Amazing..!!! SMAN 1 Gerung Tingkatkan Mutu Sekolah dengan Membumikan Al-Qur'an


Oleh. Ils.
Minggu, 24 April 2022.

LOMBOK BARAT - Berbagai macam upaya Sekolah dalam meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sejumlah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Lombok Barat terus dilakukan. Salah satu yang sangat menarik adalah SMAN 1 Gerung dengan Program Membumikan Al-Qur'an.

Dalam wawancara singkat yang dilakukan bersama Kepala sekolah SMAN 1 Gerung, H. Ismail, Sabtu, (23/04/2022) kemarin, H. Ismail menjelaskan Jika Program SMAN 1 Gerung Membumikan Al-Qur'an dilakukan dengan menerapkan berbagai Macam Tekhnik, yang pertama adalah dengan Eschool Tahfiz dan yang kedua adalah dengan Tekhnik Khataman Qur'an.

"Alhamdulillah Eschool tahfidz ini sudah 3 kali Uji Publik dan di uji publik terakhir yang dilakukan beberapa waktu lalu bukan hanya Siswa-siswi saja yang diuji tapi juga ada 4 Guru yang ikut diuji, " Ucapnya syukur

H. Ismail mengungkapkan sejauh ini, Untuk kegiatan Eschool tahfidz ini pembinanya adalah Guru-guru Agama di SMAN 1 Gerung dan langsung dijadikan sebagai tempat anak-anak Menyetor hafalan.

Adapun Tekhnik kedua yang dilakukan dalam upaya membumikan Al-Qur'an adalah dengan melaksanakan kegiatan Khataman Qur'an rutin dan dalam khataman ini juga ada dua sistem khataman yang dilakukan. 

Sistem pertama dilakukan pada saat imtaq 1 kali dalam sebulan dengan mengumpulkan 60 siswa menjadi satu kelompok, satu kelompok ini akan menghatamkan Al-Qur'an dengan membaca bersama-sama, satu orang membaca 1/2 Juz. 30 orang berhadapan dengan 30 orang lainnya dengan membaca masing-masing ada yang juz 1, juz 2 dan seterusnya dimana dua orang yang berhadapan akan membaca 1 Juz dengan akumulasi sama-sama 1/2 Juz sehingga alhmdulillah khataman Qur'an ini selesai dalam 30 menit.

"Di SMAN 1 Gerung Kita Buat Menjadi 6 Kelompok khataman Qur'an, sehingga kita bisa Khataman Al-Qur'an 6 Kali dalam 30 menit. Sedangkan siswa yang lain tetap kita arahkan untuk membaca Al-Qur'an secara gradual di luar 6 kelompok khataman tersebut ."paparnya.

Lebih Lanjut Kepala sekolah SMAN 1 Gerung ini menjelaskan untuk Sistem kedua yang dilakukan dalam tekhnik khataman Qur'an yaitu, membaca Al-Qur'an dengan tadarus mulai dari selesai solat Subuh berjama'ah diawali dengan pembacaan Al-Fatihah dan diakhiri surah Annas, disebutkan, itupun sudah jelas dengan piket yang dibagikan, ada yang piket dari Jam 6-8, dari jam 8-10, dari jam 10-12 dan seterusnya ini dilaksanakan saat selesai solat subuh Jamaah dan dilaksanakan sampai Tengah Malam.

"Alhamdulilah Ramadhan tahun ini, terakhir upaya yang kita lakukan SMAN 1 Gerung dalam membumikan Al-Qur'an adalah dengan mengadakan Lomba tadarus Al-Qur'an antar kelas, dimana Setiap anggota kelas akan membaca Al-Qur'an secara tadarus mulai dari jam 8 sampai jam 12., "ujarnya.

Adapun Yang dinilai dalam lomba tadarus tersebut adalah:

1. Kekompakan Kehadiran Siswa di masing-masing kelas

2. Kelancaran Tiap-tiap Siswa dalam Membaca Al-Qur'an

Diharapkan Dari penilaian di atas maka akan muncul semangat juga dari Guru-guru untuk memacu siswa-siswi hadir ke kelas, kecuali Ummat beragama lainnya, sehingga siapa yang lengkap data kehadirannya maka akan dinilai 100% adapun untuk penilaian tiap-tiap siswa di dalam kelas oleh Juri akan didata mana yang lancar, kurang lancar dan belum bisa baca Qur'an

"Untuk yang belum bisa baca Qur'an ini maka akan dibina oleh Guru Agama dalam pembinaan TBTQ (Tuntas Baca Tulisan Qur'an) yang akan dibuatkan Kelas Khsusus Tentunya. Inilah upaya-upaya SMAN 1 Gerung dalam membumikan Al-Qur'an, semoga bisa menjadi Amal Jariah Bersama secara kelembagaan dan bisa menjadi sumber keberkahan Kita semua di SMAN 1 Gerung., " Tutupnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar