SPACE IKLAN

header ads

Diusia Ke-64 Lombok Barat Torehkan Banyak Prestasi

Oleh. L. Emmy
Minggu 17 April 2022.

LOMBOK BARAT - Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lombok Barat digelar di Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat Minggu (17/4). 

Diusia 64 tahun ini, di bawah kepemimpinan Bupati H Fauzan Khalid bersama Wakil Bupati Hj Sumiatun Lobar menorehkannya banyak prestasi.   Dihadapan Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalilah, dan para tamu yang hadir Bupati memaparkan sejumlah prestasi yang telah diraih. 

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, memaparkan capaian prestasi yang dihasilkan oleh Lombok Barat selama dua tahun terakhir, ini sejak dilantik pada 2019 lalu bersama pasangannya Hj Sumiatun.

Rangkaian HUT Lombok Barat ini merupakan yang pertama kali digelar sejak 2020 lalu, selama dua tahun dari tahun 2020-2021  HUT Lombok Barat tidak pernah digelar dihadiri banyak orang. "Mungkin ini HUT Lobar yang paling berkesan bagi ibu Wagub karena ini yang pertama hadir, " ujarnya. 

Bupati menegaskan, pada HUT Lombok Barat tahun ini, Kabupaten Lombok Barat mendapatkan penghargaan  Pemprov NTB bahwa Lombok Barat berhasil meraih urutan nomor satu angka harapan lama sekolah berada pada angka 12,3 persen. "Ini prestasi yang tanpa ada intervensi dari pemerintah daerah, " katanya. 

Dengan Lombok Barat berada pada angka 12,3 persen, artinya angka angka harapan lama Sekolah di Lombok Barat rata-rata berada pada jenjang D2. Selanjutnya untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kabupaten Lombok Barat terus berusaha untuk meningkatkan kualitas IPM Kabupaten Lombok Barat, dimana saat IPM Kabupaten Lombok Barat masih berada pada urutan ke-4 dari sepuluh Kabupaten Kota di Kabupaten Lombok Barat. " Target kita tahun 2023, IPM kita berada diatas semua Kabupaten Kota di NTB, " tegasnya. Dibandingkan dengan angka harapan Sekolah di Lombok Barat masih kurang tujuh tahun, rata-rata baru tamat SD. "Ini PR kami, sudah saya tegaskan IPM Lombok Barat harus nomor 1 dari seluruh Kabupaten di NTB,"kata dia. 

Bupati menjabarkan, pertumbuhan IPM Lombok Barat terus naik, mulai dari tahun 2015, IPM Lombok Barat masih berada pada urutan ke-8 dari semua Kabupaten Kota di NTB. Upaya terus dilakukan, dimana pada tahun 2019 IPM Lombok Barat bisa naik ke peringkat 5, dan pada tahun 2020 IPM Lobar naik berada di urutan 4 dari seluruh Kabupaten Kota di NTB. Urutan pertama Kota Mataram, kedua Kota Bima, dan posisi ketiga KSB." Kita sudah tegaskan. Sikap kita tahun 2023 Lombok Barat nomor satu dari semua Kabupaten di NTB, " ujarnya.

Prestasi yang lainnya, bertepatan dengan HUT Lombok Barat, dua rumah sakit di Lombok Barat naik kelas, dimana RSUD Tripat naik kelas dari tipe C ke tipe B. dan RSUD Awet Muda naik tipe dari tipe D ke tipe C. " Ini prestasi yang luar biasa, dengan sudah naik tipe maka RSUD Tripat statusnya sudah satu level dengan RSUP. Provinsi NTB dan RSUD Kota Mataram, " tegasnya. 

Prestasi terbaik lainnya, Lombok Barat sudah mendeklarasikan declaration komitmen menuju Lombok barat PAM-RT (5 Pilar STBM) Lombok Barat. Dengan berbagai prestasi ini, Wakil Gubernur NTB Dr. Hj Siti Rohmi Djalilah mengatakan, kalau dirinya sangat bangga dengan prestasi Lombok Barat, karena sudah komitmen untuk meningkatkan dua bidang yang sangat penting yaitu bidang pendidikan dan kesehatan. 

" Saya sangat bangga kepada Lombok Barat, yang monsen  dalam pembangunan kesehatan dan pendidikan, " kata Wagub.Wagub menegaskan,

Pembangunan kesehatan dan pendidikan yang dilakukan oleh Kabupaten Lombok Barat, adalah pembangunan untuk membutuhkan waktu yang panjang untuk bisa terlihat, tidak bisa terlihat dalam satu atau dua tahun, malainkan membutuhkan waktu panjang untuk bisa terlihat. " Berbeda dengan program pembangunan fisik, yang sudah bisa langsung di lihat, sedangkan pembangunan pendidikan dan kesehatan tidak bisa terlihat, " ujarnya 

Lombok Barat, menurut Wagub sudah sangat konsisten dalam membangun  IPM di Lombok Barat, dimana dari waktu ke waktu, dari tahun ke tahun Lombok Barat, menunjukkan grafik yang tetap meningkat dalam pembangunan IPM.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar