SPACE IKLAN

header ads

Gubernur NTB Minta Kepada Kabupaten dan Kota Untuk Buka Pasar Tani


Oleh. WB.
Selasa, 26 April 2022.

MATARAM - Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah SE, M Sc memuji gagasan Gelar Pangan Murah di event Pasar Tani Kementerian Pertanian RI dan meminta jajarannya menginisiasi program ini di kabupaten/ kota. 

"Terima Kasih Pak Menteri Pertanian yang menggagas di gelarnya Pasar Tani. Saya sudah minta Kadis perdagangan, pertanian, peternakan, UKM dan Ketahanan Pangan untuk di daerah juga di inisiasi hal yang sama", ujar Gubernur dalam sambutannya membuka Pasar Tani di lapangan Karang Pula, Sekarbela, Kota Mataram, Selasa (26/04).

Dikatakannya, dengan ide Pasar Tani ini, hasil pertanian bisa di jual langsung ke konsumen dengan harga yang kompetitif dan terjangkau oleh masyarakat karena banyak jalur distribusi bahan pangan yang di pangkas sebagai ongkos. 

Sementara itu, Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian , Samsul Ma'arif mengatakan, Kementerian Pertanian terus mengupayakan kemudahan distribusi pangan melalui Pasar Mitra Tani hingga jelang puasa dan Idul Fitri sesuai arahan Presiden agar semaksimal mungkin menyediakan pangan untuk masyarakat saat Ramadhan dan Idul Fitri. 

Selain memperluas pasar mitra tani, langkah strategis distribusi pangan yang dilakukan Kementan adalah mendekatkan produsen pangan ke daerah daerah yang mengalami kekurangan pasokan. 

"Negara hadir membantu kebutuhan pangan, mendekatkan komoditas pangan ke pasar. Dengan begitu ketersediaan cukup," kata Ma'arif. 

Dalam kegiatan Pasar Tani yang juga dilakukan serentak di beberapa provinsi, produsen menjual bahan pokok seperti minyak goreng, telur, beras dan lainnya. 

Hadir pula dalam pembukaan Pasar Tani, Kapolda NTB, Danrem, pimpinan lembaga negara dan dunia usaha serta beberapa kepala OPD Pemprov NTB. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar