SPACE IKLAN

header ads

Jelang Lebaran, Basarnas Siaga Laksanakan Ini


Oleh. WB.
Senin, 25 April 2022.

MATARAM - Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran tahun 2022/ 1443 H kali ini akan sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana Pemerintah telah memperbolehkan kembali mudik Lebaran tahun 2022 dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.  Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi COVID19. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH saat membacakan sambutan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henry Alfiandi pada apel Siaga SAR Khusus Lebaran, Senin (25/4/2022).

"Diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas warga masyarakat sehingga perlu diantisipasi," ucap Nanang saat memimpin apel, di Lombok Barat.

Dilaksanakannya Siaga SAR Khusus dalam rangka mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional dan bersinergi dengan Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Pemerintah Daerah, Pengelola Jalan Tol, RS Rujukan dan Kementerian/Lembaga terkait untuk mewujudkan pelayanan SAR yang optimal kepada para Pemudik, dengan prinsip Quick Response SAR. 

"Tim Siaga SAR Khusus beserta alut akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis dan rawan kecelakaan, seperti di pelabuhan,  penyeberangan,  jalan tol, bandar udara, terminal bis, serta daerah wisata," sebutnya.

Merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dari tanggal 25 April hingga 12 Mei 2022, dengan meningkatkan koordinasi, kesiapan personil, peralatan, keterampilan, kesigapan untuk peningkatan kecepatan waktu tanggap (respon time) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19, serta untuk mendukung unsur-unsur terkait.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar