SPACE IKLAN

header ads

Kementerian ESDM dan UNDP Berikan Kado Istimewa Jelang HUT Lombok Barat

Oleh. Ils. 
Sabtu 9 April 2022.

Lombok Barat - Kabupaten Lombok Barat kembali menjadi Kabupaten prioritas dalam pelaksanaan program ADLIGHT (Advancing Indonesia's Lighting Market to High Efficient Technologies) yang didanai oleh Global Environment Facility (GEF). Program ADLIGHT ini merupakan kerjasama Kementerian ESDM dengan United Nations Development Programme (UNDP) dan United Nations Environment Programme (UNEP). Program ini khusus memberikan bantuan dalam bentuk Alat Penerangan Jalan (APJ) kepada Kabupaten Lombok Barat. Hal tersebut terungkap dalam silaturahmi Bupati Lombok Barat bersama Perwakilan UNDP dan Direktur Program Adlight serta Kementerian ESDM di Desa Wisata Mekar Sari Narmada Lobar, beberapa waktu lalu. 

Dalam silaturahmi tersebut Bupati Lobar H Fauzan Khalid menyambut baik dan berterima kasih kepada Team Adlight, Kementerian ESDM serta UNDP atas bantuan atau hibau lampu PJU yang diberikan melalui program Adlight. Menurutnya ini merupakan kado istimewa bagi Lombok Barat dalam HUT ke 64 tanggal 17 April 2022. Ia juga sangat mengapresiasi program ADLIGHT yang telah memprioritaskan Kabupaten Lombok Barat dalam hibah lampu LED. 

"Kami berterima kasih atas hibah PJU ini dan saya lihat ini sangat hemat karena watt nya kecil dan saat malam hari keterangannya bisa dikurangi. Kami berharap ini menjadi langkah dalam melakukan efisiensi anggaran PJU, " ujarnya. 

Bupati Fauzan juga mengatakan bahwa hibah lampu PJU ini sangat bermanfaat bagi Lombok Barat. Ia berharap agar program ini dapat terus berlangsung secara berkesinambungan sehingga masyarakat bisa menimati program hibah ini. Menurutnya hal ini sangat membantu masyarakat. Bupati menyampaikan rasa terima kasih pada semua pihak atas hibah ini. 

Sementara itu Konsultan Nasional UNDP yang melakukan pemantauan hibah PJU yang telah diberikan kepada Kabupaten Lombok Barat mengatakan bahwa program ADLIGHT ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas. Ia mengatakan bahwa dari komunikasi dengan berbagai pihak program ini menurutnya sudah berjalan dengan baik. Ia berharap agar program ini dapat berjalan dengan lancar. 

Selain itu ia juga mengatakan bahwa setelah sukses di Lobar program ini juga dapat dilakukan di Kabupaten/Kota lain di NTB. 

Dalam kesempatan yang sama National program Manager ADLIGHT Erul Salim mengatakan bahwa program ini akan terus dilakukan. Menurutnya ADLIHGT telah memberikan hibah lampu LED buatan dalam negeri untuk PJU di 9 Ruas Jalan di Lombok Barat. Program ini berjalan dengan baik dan sukses. Ia juga mengatakan bahwa kedepan pihaknya akan menyasar desa wisata di Lobar. ADLIGHT akan memberikan bantuan kepada desa wisata di Lobar. "Kami sudah melakukan identifikasi 12 desa wisata dan kami berharap bisa segera realisasi. Program ini juga didukung penuh oleh kementerian Pariwisata karena sesuai dengan misi Menteri Pariwisata" ujarnya. 

Kegiatan silaturahmi yang diselenggarakan di kawasan desa wisata ini dihadiri oleh Bupati Lobar, Sekda Lombok Barat, Kepala OPD, Perwakilan Kementerian ESDM, Perwakilan UNDP dan National Program Manager ADLIGHT serta anggota DPRD Lobar.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar