SPACE IKLAN

header ads

Safari Jumat di Masjid Sayyidina Hamzah, Bupati Fauzan Didaulat Jadi Khotib

Oleh. L. Emmy. 
Jumat 8 April 2022.

Lombok Barat –Hari keenam bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah, Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid didampingi sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melaksanakan Safari Jumat di Masjid Sayyidina Hamzah Longserang Barat Selatan, Kecamatan Lingsar, Jumat (8/4).

Dalam giat Sholat Jumat bersama dengan masyarakat Longserang Barat Selatan orang Nomor satu di Bumi Patut Patuh Patju ini didaulat sebagai khotib. 

"Tujuan kita melaksanakan puasa menurut Islam telah jelas disebutkan dalam firmanNya surat Al Baqarah ayat 183. Yang berbunyi "ya ayyuhallazina amanu kutiba 'alaikumus-siyamu kama kutiba 'alallazina ming qablikum la'allakum tattaqun," ungkap Bupati Fauzan saat menyampaikan khutbah. 

Melalui ayat di atas, dia menjelaskan ketakwaan dapat berperan sebagai penjaga hati manusia dari maksiat. Sebab itu, takwa adalah tujuan yang hendak dicapai tiap orang yang beriman.

Dia menambahkan, selain jalan ketakwaan ternyata Al-Quran juga menyebutkan tujuan puasa lainnya dalam Islam. Pertama, Bersyukur kepada Allah, momen puasa menjadi pengingat nikmat yang diberikan Allah dengan diberikan rasa kehilangan nikmat tersebut sementara. Kedua, Agar umat muslim selalu berada dalam kebenaran atau terbimbing. Menjadi hamba yang terbimbing artinya menjadi hamba yang selalu beriman kepada Allah, berdoa, dan mengikuti perintahNya. Ketiga, agar dosa-dosa diampuni. Keempat, mendapat pahala surga dan jauh dari siksa neraka. Allah memerintahkan umat muslim berpuasa karena Allah ingin mendekatkan hambaNya kepada surga, bahkan pintu surga bagi orang-orang yang berpuasa telah disiapkan Allah SWT.

"Selain itu, tujuan kita puasa dapat menjauhkan diri dari siksa api neraka seperti yang disabdakan Rasulullah SAW, "Siapa berpuasa sehari dengan niat fi sabilillah (di jalan Allah), niscaya Allah akan menjauhkan mukanya dari neraka sepanjang 70 musim panas," tutup Mantan Ketua KPU Provinsi NTB. 

Selesai melaksanakan ibadah Jum'at, Bupati Fauzan didampingi sejumlah Kepala OPD turun meninjau Kantor Desa Persiapan Longserang untuk dilakukan penimbunan tanah supaya kelihatan rapi dan meninjau jembatan rusak yang merupakan jembatan penghubung dua Dusun Longseran Barat Selatan dan Longseran Timur untuk dilakukan perbaikan.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar