SPACE IKLAN

header ads

Tak Hanya Operasi Ketupat Rinjani, Polres Lobar Juga Laksanakan Operasi Cipta Kondisi Untuk Menyambut Idul Fitri


Oleh. Ils 
Minggu, 24 April 2022.

LOMBOK BARAT -  Idul Fitri sebentar lagi, Polres Lombok Barat pun sigap menyiapkan pengamanan untuk menyambut pelaksanaan Idul Fitri di Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Adapun Pengamanan Perayaan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022, Polres Lobar Akan melaksanakan kegiatan Operasi Mandiri kewilayahan terpusat. Artinya seluruh Indonesia sama yaitu Operasi Ketupat Rinjani 2022.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kapolres Lobar, AKBP Wirasto Adi Nugroho S.I.K , pada wawancaranya Sabtu, (23/04/2022).

Adapun Papar Kapolres, Operasi Ketupat Rinjani tersebut akan dimulai dari tanggal 28 April mendatang sampai tanggal 09 Mei, namun sebelum melaksanakan Operasi Ketupat Rinjani Polres Lobar terlebih dahulu akan melaksanakan Operasi Cipta Kondisi yang akan dilaksanakan selama 2 minggu dengan tujuan menciptakan Situasi atau kondisi Kabupaten Lombok Barat agar saat pelaksanaan Idul Fitri ataupun pada saat Pelaksanaan Operasi Ketupat Rinjani bisa berjalan dengan baik.

"Selama Operasi Ketupat nanti kita akan menyiapkan dua Pos pengamanan dan satu Pos pelayanan terpadu, untuk dua Pos Pengamanan Ini, satu akan ditempatkan di GMS satu lagi di Area Batu Layar yang rencananya akan ditempatkan di depen Sasaku, kemudian untuk Pos pelayanan terpadu akan ditempatkan di Pelabuhan Lembar, karena memang Pelabuhan Lembar ini merupakan pintu masuk dan pintu keluar masyarakat yang Ingin Mudik ke Lombok atau dari Lombok ke Luar daerah, " Jelasnya.

Disebutkan jika dalam penempatan Pos Terpadu tersebut, akan tergabung dari Unsur TNI-Polri dan Instansi Dinas Terkait (Dikes, Dishub, KKP, dan Lain-lainnya).

Kapolres juga menjelaskan, di masa Situasi Pandemi saat ini Pemerintah melonggarkan pelaku perjalanan dengan membebaskan pemeriksaan bagi yang sudah Booster, mewajibkan PCR bagi yang sudah Dosis 1 dan mewajibkan Antigen bagi yang sudah dosis ke-2 sehingga nanti akan ditempatkan gray vaksin di area pelabuhan di sekitar Pos Terpadu tersebut.

"Harapannya bagi masyarakat yang melakukan perjalanan keluar Lombok, yang membutuhkan vaksinasi bisa Langsung mendapatkan Pelayanan Vaksinasi di sana tentu itu adalah salah satu strategi kita untuk menghadapi Hari raya tahun ini yang beda persoalannya, "Himbaunya.

Sementara Itu, untuk Operasi Ketupat sendiri akan terfokus untuk melakukan pengamanan mulai dari malam takbiran, pengamanan Idul Fitri nya, itu yang paling penting sehingga masyarakat yang beragama muslim bisa melaksanakan dua kegiatan ini dengan baik. 

"Memang sudah ada surat edaran dari Bupati Lombok Barat untuk tidak merayakan malam takbiran dengan meriah, dalam artian meriah ini di Kabupaten dan di Kecamatan, namun tetap diperbolehkan di Masjid masing-masing dan akan dilakukan pengamanan atas pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut, " pungkasnya.

Sedangkan bagi masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan tersebut di Masjid masing-masing agar bisa komunikasi dengan Polsek setempat ataupun aparat keamanan setempat. 

" Untuk pengamanan Idul Fitri, akan dilakukan pengamanan di tempat-tempat sholat Ied di Lombok Barat agar tidak ada gangguan dan tidak ada permasalahan sehingga masyarakat bisa menjalankan dengan baik. "Imbuhnya

Lebih lanjut Kapolres Lombok Barat ini menjelaskan jika selesai Ied nanti ada namanya pelaksanaan pengamanan Ba'da Ketupat yang akan dilaksanakan di Batu Layar, walupun sampai saat ini belum ada arahan dari Pemda Lombok Barat untuk tahun ini dilaksanakan, akan tetapi Pihaknya di Polres sudah melaksanakan persiapan rekayasa-rekayasa Pengamanan Lalu lintas yang akan diterapkan seandainya Operasi Ba'da Ketupat diadakan.

"Untuk personil ada sekitar 110 personil yang sudah disiapkan untuk pelaksanaan pengamanan tersebut. Harapan saya selaku Kapolres Lombok Barat di sisa hari menjelang Idul Fitri ini, menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat agar bisa menjalankan perayaan Idul Fitri dengan baik dan menciptakan bhabinkamtibmas yang baik, tidak menyalakan petasan yang nantinya akan mengganggu aktivitas Perayaan Ibadah dan bagi masyarakat yang belum Booster silahkan agar mendaftarkan diri sesegera mungkin di tempat-tempat pelayanan Vaksinasi, baik Puskesmas, Dikes ataupun tempat Lainnya, " Tutupnya menghimbau.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar