SPACE IKLAN

header ads

TIm SAR Mataram Pantau Pengamanan Lebaran Topat

Tim SAR saat pemantauan lebaran topat.

Oleh. WB.
Senin, 9 Mei 2022.

LOMBOK BARAT - Masih dalam rangkaian kegiatan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran 2022, Kantor SAR Mataram menambah jumlah personil dan alat utama (alut) yang disiagakan di seputaran pantai selama tradisi lebaran topat berlangsung pada Senin (9/5/2022).

Hal itu dilakukan mengingat sebagian besar konsentrasi masyarakat lombok tertuju ke wilayah tersebut. Puluhan personil disiagakan dengan dilengkapi peralatan seperti Rigit Inflatable Boat (RIB), perahu karet, peralatan keselamatan dan evakuasi, serta kendaraan operasional seperti truk rescue, truk personil, D-Max rescue dan lain sebagainya.

"Ada penambahan personil dan alut dbandingkan pelaksanaan Siaga SAR Khusus beberapa hari sebelumnya," kata Kepala Kantor SAR (Kakansar) Mataram Nanang Sigit PH.

Ia menambahkan, banyaknya masyarakat yang berekreasi ke wisata pantai, sehingga dibagi menjadi beberapa tim dan ditempatkan di lokasi yang berbeda antara lain Tanjung Karang, Kerandangan, Senggigi, Ampenan, Batulayar, dan Cemare.

Kapal Rescue Boat 220 Mataram juga digunakan untuk melaksanakan pemantauan melalui perairan dari Cemare hingga Senggigi.   Sementara itu, Kakansar Mataram melakukan pemantauan melalui udara dengan menggunakan pesawat microlight.

"Tujuannya memberikan rasa aman dan antisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan atau kondisi membahayakan manusia," tambahnya.

Di lokasi berbeda, personil yang bertugas di Unit Siaga SAR Kuta Mandalika turut melaksanakan kegiatan yang sama menggunakan RIB dan jetski di wilayahnya, seperti di Pantai Kuta, Tanjung An dan sekitarnya. Sedangkan Pos SAR Kayangan, Bima, Sumbawa, dan Unit Siaga SAR Bangsal masih tetap melakukan siaga SAR khusus Lebaran seperti sebelumnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar