SPACE IKLAN

header ads

Dispar KLU Bakal Kecipratan Anggaran Ratusan Milyar DAK Geopark & DAK Kemenparekraf

Dispar KLU Bakal Kecipratan Anggaran Ratusan Milyar DAK Geopark & DAK Kemenparekraf.

Oleh. DVD.
Rabu, 8 Juni 2022.

LOMBOK UTARA -Kabupaten Lombok Utara Adalah salah satu dari tiga Kabupaten yang sangat beruntung di Provinsi Nusa Tenggara Barat yàng akan mendapatkan kucuran dana besar dari DAK Kemenparekraf dan DAK Geopark dari Bappenas untuk tahun anggaran 2023, termasuk juga di dalamnya ada Kodya Mataram dan Pemkab Loteng.


Hal tersebut di sampaikan Kabid Destinasi Dispar KLU I Wayan Subadre di dampingi Adiatama Pariwisata Ekonomi Kreatif Ibu Hepy Yulianty di kantornya, Senin ( 06/06/2022 ).


Dalam keterangannya Hepy membeberkan secara rinci terkaiat dengan Alokasi DAK Geopark  sebesar 215 Milyar Rupiah dan DAK Kemenparekraf sebesar 8,3 Milyar rupiah yang di akan di gelontorkan Bappenas ke Pemkab KLU dalam hal ini Dispar Lombok Utara pada tahun 2023 mendatang yang mencakup pembenahan infrastruktur  di kawasan Gili Matra.


Saat ini Indonesia mempunyai 6 Unesco Global Park yang sudah di akui oleh Unesco salah satunya adalah UGG Rinjani Lombok, untuk itu Gili  trawangan masuk dalam kawasan Geopark Unesco tersebut makanya berhak untuk mengusulkan dana 700 Milyar Rupiah yang ada di Bappenas.


"Ia menyebutkan saat ini kita sedang dalam penyusunan usulan dan memilah berdasarkan Juknis dari Unesco dan Kemenparekraf sampai dengan batas waktu yang sudah di tetapkan yakni sampai dengan tanggal 27 Juni semua usulan harus sudah final,"sebut Hepy.


Beberapa usulan  yang akan kita ajukan saat ini sedang dalam tahap  pembahasan ditingkat OPD.


Yang jelas untuk DAK Geopark dan DAK Kemenparekaraf peruntukannya adalah untuk pengembangan kawasan tiga Gili untuk anggaran tahun 2023.


"Adapun sarana yang menjadi usulan kita dari dinas dengan tetap merujuk pada juknis DAK Geopark yang kita dikasi ( hepy red ) adalah pembangunan sarana primer seperti akses jalan, pasilitas kesehatan, dan selain itu juga yang masuk dalam usulan kami dari dinas adalah break water untuk mengantisipasi terjadinya abrasi di kawasan Gili Trawangan,"sebutnya.

Sedangkan untuk DAK Kemenparekraf usulan kita meliputi ampikiater, lapak kuliner, rest area serta sarana penunjang jalan lainnya seperti tempat sampah, toilet umum dan lampu jalan.

Semoga apa yang menjadi usulan kita semuanya dapat di kabulkan untuk mengembalikan kejayaan pariwisata bil khusus kawasan tiga Gili.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar