SPACE IKLAN

header ads

Kontingen Lobar Siap Berlaga pada MTQ XXIX Tingkat Provinsi di Lotim

Sekretaris LPTQ yang juga Kabag Kesra Lobar H. Mahksum, M.Pd saat membuka kegiatan uji publik calon peserta kafilah Lobar untuk mengikuti MTQ XXIX Tingkat Provinsi NTB di Lotim tanggal 29 juni-6 Juli.

Oleh. Ilhm.
Minggu. 19 Juni 2022.

LOMBOK BARAT - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Lombok Barat menggelar uji publik untuk calon peserta yang nantinya ikut pada ajang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XXIX tingkat Provinsi NTB yang diadakan di Lombok Timur pada tanggal 29 Juni mendatang. Uji publik diadakan di Ponpes Al-Azizah Kapek Gunungsari, Sabtu (18/6). Uji publik dibuka oleh Kepala Bagian Kesra Setda Lobar sekaligus sebagai Sekretaris LPTQ Lobar, H Maksum M.Pd mewakili Asisten I Setda Lobar selaku Ketua LPTQ Lobar. 

Uji publik itu diikuti oleh peserta dari Ponpes Al-Azizah dan perwakilan peserta dari semua Kecamatan di Kabupaten Lombok Barat. Hadir pimpinan ponpes Al-Azizah TGH Kholid Nawawi Ridwan dan segenap pengurus Ponpes, jajaran pengurus LPTQ dan Kesra Lobar. Serta disaksikan oleh ratusan santri yang ada di ponpes tersebut. Ditemui disela-sela kegiatan uji publik tersebut, Kabag Kesra sekaligus Sekretaris LPTQ Lobar H Maksum, M.Pd, mengatakan, tahapan demi tahapan sudah dilaksanakan. Mulai dari TC (training center) tahap pertama pada bulan Mei lalu. Dilanjutkan TC tahap kedua dipusatkan di SKB Gunungsari mulai tanggal 14-18 Juni, kemudian terakhir ditutup dengan tahapan uji publik di Ponpes Al-Azizah. Uji publik sebelumnya juga sudah dilaksanakan di hotel.

Dikatakan, pembinaan peserta kafilah MTQ ini dilaksanakan sejak jauh-jauh hari, mulai bulan April - Mei agar persiapan lebih maksimal. Ia berharap pada pelaksanaan tahapan-tahapan tersebut, persiapan kontingen MTQ Lobar ini bisa betul-betul maskimal. Pihaknya pun melibatkan semua peserta, para pembina selama tiga malam mengikuti kegiatan dengan tekun sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak LPTQ. Ketua LPTQ dalam hal ini Asisten I Agus Gunawan pun sudah turun mengontrol kegiatan persiapan di lapangan.

Dari hasil seleksi hingga tahap akhir uji publik, terdapat 54 peserta yang berhak ikut kontingen Lobar. Ke 54 peserta itu akan mengikuti delapan mata lomba, diantaranya cabang tilawah golongan anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra.  Cabang tilawah golongan qiroatussab'ah. Cabang tilawah golongan tartil, dan cabang Tahfiz Alquran golongan 1 juz, 5 juz, dan  tilawah. Cabang Tahfiz Alquran golongan 10,20,30 juz. Cabang tafsir Alquran golongan bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Inggris. Cabang fahmil Qur'an dan Syahril Qur'an. Cabang khottil Qur'an. Dan cabang karya tulis ilmiah Al-Qur'an.

Setelah uji publik, semua tahapan sudah selesai. Tinggal pihaknya akan mempersiapkan pemberangkatan kafilah ke Lotim pada tanggal 29 Juni nanti. "Kafilah atau kontingen MTQ Lobar akan dilepas oleh pak Bupati," jelasnya. 

Setelah itu kafilah berangkat ke Lotim. Disana Pihaknya akan mendaftarkan para peserta yang ikut masing-masing mata lomba. "Setelah didaftarkan semua, barulah kita diantar ke penginapan," imbuhnya. 

Kesiapan penginapan bagi kafilah Lobar pun sudah disiapkan, di daerah kecamatan Masbagek. MTQ sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 29 Juni sampai dengan 6 Juli di Masbagek Lotim.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar