SPACE IKLAN

header ads

SD - SMP Gelar KEKASI di Halaman Kantor Bupati Bima; Pembina Pramuka Reaksi Protes

 


SD - SMP Gelar KEKASI di Halaman Kantor Bupati Bima; Pembina Pramuka Reaksi Protes.

Oleh. Ipul.
Sabtu. 25 Juni 2022.

BIMA - Pramuka Kwartir Cabang kabupaten Bima tahun 2022 ini menggelar Kemah Karakter dan Literasi (KEKASI) untuk siswa anggota pramuka mulai dari SD dan SMP  Se-kabupaten Bima yang di gelar selama tiga hari di halaman sebelah timur kantor Bupati Bima mulai tanggal, 24 s/d 26 Juni 2022.

KEKASI adalah singkatan dari Kemah Karakter dan Literasi merupakan wahana membina diri khusus dalam upaya meningkatkan kwalitas anak anak pramuka di kabupaten Bima. Kegiatan ini di kemas dalam bentuk latihan kemandirian yang memiliki daya saing antar sesama regu peserta dengan sasaran pembinaan anak anak yang tangguh dan berkarakter.

Kegiatan yang dikoordinir oleh salah satu Anggota TNI dengan melibatkan Saka Wira Kartika tersebut dianggap mencoreng Organisasi Kepramukaan Kabupaten Bima, yakni menurunkan 3 (tiga) bendera dalam kegiatan kemah 

1. Bendera Merah Putih, 

2. Bendera Wosm, dan 

3. Tunas Kelapa, 

Namun ditengah perjalanan kegiatan terjadi hal-hal yang menimbulkan reaksi kekecewaan para Pembina Pramuka, dan melakukan Protes apakah ini perkemahan sudah selesai atau bagaimana soalnya 3 (tiga) bendera sudah diturunkan.

Menyikapi persoalan ini, seluruh Pembina Pramuka melakukan rapat singkat dan dihadiri oleh Ketua Panitia Doktor, Karyadi, mengingat kegiatan yang direncanakan selama tiga hari yang didalamnya diisi dengan beragam mata lomba yang diikuti 18 Kecamatan dengan mendelegasikan 36 orang masing-masing Kecamatan, terdiri dari Putra dan Putri.

Doktor. Karyadi dalam rapat, menjelaskan bahwa  yang terjadi ditengah proses kegiatan.

" Inipun saya tidak tahu menahu, dan diluar ekspektasi saya sebagai Ketua Panitia, dan apakah ini terjadi karena kesalahpahaman antara pihak Dinas dengan salah satu Anggota TNI yang dipercayakan sebagai koordinator kegiatan, sayapun belum tau, "Pungkasnya.

Lanjutnya, namun hal ini saya coba koordinasikan dengan pihak Dinas dan saya akan coba mendatangi pihak Kodim Bima untuk lakukan klarifikasi, namun sebelum itu, persoalan ini merupakan suatu pelajaran yang harus kita benahi bersama dan akan menjadi bahan evaluasi kita bersama dengan Dinas Dikbudpora agar tidak terjadi dikemudian hari, "Ungkapnya.


"Suasana Kemah Karakter dan Literasi  tingkat kabupaten Bima ini bertujuan untuk membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi anak anak Pramuka untuk bisa merasakan lomba berkemah. 


Perlu untuk di ketahui bersama bahwa kegiatan berkemah ini, bukan hanya kemah saja, ada juga bentuk lomba, ada lomba Cerdas Cermat, baca puisi ditingkat kwartir cabang perkecamatan.


Melaksanakan kegiatan kemah setiap pesertanya SD 1 regu putra dan 1 regu putri begitu juga SMP 1 regu putra dan 1 regu putri, dari tiap-tiap kwartir ranting yang menjadi regu, jadi jumlah regu perkecamatan 4 regu.


Harapan kedepan, kita mendesain kembali program baru dengan Jambore daerah bekerjasama Kwarcab sebagai Institusi resmi kepramukaan, nanti di kabolerasi Dikbudpora kabupaten Bima, ini memang rananya Dikbudpora adalah salah satu pengembangan bagian ekstra kurikuler kepramukaan, "katanya.


Di tempat yang sama Kadis Dikdas, Khusnul Khatimah, S.Fil, menjelaskan, mari kita menerima kekurangan hari ini, untuk kita jadikan sebagai pembelajaran yang kedepannya kita perbaiki, karena sejatinya jalan yang kita lalui tidak selamanya mulus, tentu akan kita temukan duri dan Onar.

"Jika kegiatan ini mampu kita kawal bersama sampai selesai, maka kedepannya Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri SE, ingin memujudkan impian kita semua menjadikan tempat ini sebagai Bumi Perkemahan (BUPER) Kabupaten Bima, "Tuturnya.


Berakhir Kegiatan ini dilanjutkan sesuai dengan yang direncanakan, karena untuk hari ke-3 seluruh peserta Perkemahan didampingi oleh para Pembina, Kepala Sekolah, dan Korwil masing-masing Kecamatan melakukan kunjungan Perpustakaan hingga ke Museum.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar