SPACE IKLAN

header ads

Canangkan Kelurahan Dara Sebagai Kelurahan Cantik, Walikota Bima Lakukan Ini

Walikota Bima Bersama BPS: canangkan Kelurahan Dara Sebagai Kelurahan "CANTIK".

Oleh. Ipul.
Jumat, 29 Juli 2022.

KOTA BIMA - Sekertaris Daerah Kota Bima mewakili Wali Kota Bima hadiri acara Pencanangan Kelurahan Dara Menuju Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Dara Kota Bima, Kamis (28/07/22).

Hadir pula dalam acara tersebut unsur Forkopimda Kota Bima, Camat Rasanae Barat, Lurah Dara, Babinsa, Bhabinkamtibmas Kelurahan Dara bersama tokoh masyarakat setempat.

Dalam penyampaiannya, Kepala BPS Kota Bima Peter Willem menyatakan bahwa pada tahun ini Program Kelurahan Cantik sebagai salah satu program Quick Wins BPS (Badan Pusat Statistik) yang merupakan kali kedua dalam pelaksanaannya. Kegiatan ini merupakan implementasi pembinaan statistik sektoral yang berfokus pada kelurahan/desa.

"Program Kelurahan Cantik bertujuan sebagai titik awal dalam program penguatan pengelolaan data kelurahan/desa guna mendukung perencanaan pembangunan kelurahan dan pemerintah daerah secara nasional termasuk Kota Bima", jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut kegiatan pencanangan yang dilaksanakan di Kelurahan Dara merupakan momentum yang tepat menuju peningkatan kualitas aparatur yang mandiri dalam pengumpulan, pengelolaan dan pemanfaatan data di tingkat kelurahan untuk mendukung pengentasan kemiskinan. Kelurahan Dara terpilih dalam Program 514 Desa/Kelurahan Cantik secara nasional pada awal tahun ini.

Sekda Kota Bima dalam sambutannya mewakili Walikota Bima menyatakan, sebagaimana Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, peran desa/kelurahan sebagai satuan wilayah terkecil menjadi sangat penting.

"Saat ini kelurahan bukan lagi sebagai objek pembangunan melainkan menjadi subjek dan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan pembangunan di kelurahan dapat lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan berlandaskan data yang lengkap dan akurat", ucap Sekda.

Lebih lanjut dirinya mengungkap banyak manfaat yang nantinya akan diperoleh, baik oleh kelurahan maupun Pemerintah Kota Bima dengan adanya Program Kelurahan Cantik ini. Manfaat bagi kelurahan antara lain, tersedianya data yang mutakhir pada suatu sistem aplikasi profil kelurahan yang bersifat mikro. Manfaat bagi Pemerintahan Kota Bima yakni tersedianya data yang mutakhir pada Aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM), sebagai sumber utama dalam penyusunan RPJM Kelurahan dan RKP Kelurahan.

"Kami menekankan kembali bahwa Pencanangan Kelurahan Dara Menuju Kelurahan Cinta Statistik (CANTIK) ini merupakan upaya bersama, yang mencerminkan tekad dan komitmen kita untuk menjadikan Kelurahan Dara sebagai kelurahan percontohan dalam meningkatkan kompetensi aparatur kelurahan dalam pengelolaan dan pemanfaatan data," tegas Sekda.

"Semoga program ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang kita harapkan. Serta dapat diterapkan pada kelurahan-kelurahan lain di seluruh wilayah Kota Bima!," ucap Sekda mengakhiri.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar