SPACE IKLAN

header ads

Berikan Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut, 5.000 siswa Sikat Gigi Bersama di Lombok Barat

Berikan Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut, 5.000 siswa Sikat Gigi Bersama di Lombok Barat.

Oleh. L. Emmy
Sabtu 5 November 2022.

Lombok Barat, WARTABUMIGORA -- Kegiatan bakti sosial ICD dan PDGI humanitarian yang dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati Lombok Barat pada hari Jumat (4/11/2022).  Hadir dalam kegiatan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Pj Sekertaris Daerah Lombok Barat H. Ilham, Ketua ICD (Internasional College of Dentistry) region 38 drg. RM. Sri Hananto Seno, Ketua Pengurus Wilayah PDGI Prov. NTB, CEO PT. Arta Boga Cemerlang Donny Imam Priambodo, Forkopimda Lobar, Anggota ICD dan ratusan murid sekolah dasar. 

Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan pada tanggal 3-7 November dirangkai pemeriksaan kesehatan gigi di Bencingah kantor Bupati Lobar, rumah sakit dan puskesmas se-Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini juga dirangkai dengan pelaksanaan sikat gigi bersama dengan pasta gigi Formula oleh 5.000 siswa sekolah pada tanggal 4 November di lapangan Kantor Bupati Lombok Barat. Bupati Lombok Barat mengatakan bahwa kegiatan sikat gigi bersama yang dilaksanakan di dua titik ini memiliki target 5000 siswa/siswi se-Kabupaten Lombok Barat yang tidak hanya bertujuan untuk mengajak para siswa dalam menjaga dan memelihara kesehatan gigi, tetapi juga ingin mensosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan gigi. "Jika dilihat dari pengalaman kita, kita dapat tahu bahwa sakit gigi itu sangat tidak menyenangkan. Bahkan ada orang yang bilang lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, karena jika kita sakit gigi otomatis kita pun tidak bisa makan dan karena tidak makan dapat menyebabkan penyakit lain timbul," jelasnya. 

Pemerintah Indonesia memiliki target, yaitu pada tahun 2030 tidak boleh ada lagi masyarakat yang giginya berlubang dan untuk mencapai itu dibutuhkan masyarakat yang dapat menjaga dan memelihara kesehatan giginya dengan baik. "Karena inilah kami Pemkab Lobar mengucapkan banyak terimakasih kepada ICD dan karena telah melaksanakan program ini di Lombok Barat dan kami juga siap jika kedepannya akan ada program yang bertujuan untuk kebaikan dan kesehatan masyarakat ini dilaksanakan kembali di Kabupaten Lombok Barat," tutur Bupati dua periode ini. 

Ia juga menambahkan bahwa ia semakin kagum dengan program ini karena pelaksana program juga menggandeng industri asli Indonesia yang memproduksi sikat dan pasta gigi Formula yaitu PT. Arta Boga Cemerlang. "Presiden telah memberikan instruksi untuk berkewajiban dalam meningkatkan penggunaan produk lokal dan bahkan kami disini memiliki program SITEBEL yang dimana program tersebut bermaksud agar kita harus berbelanja di masyarakat yang ada disekitar kita," jelasnya.

Ketua ICD region 38 menyampaikan bahwa dengan diadakannya bakti sosial ini diharapkan generasi di masa depan dapat memiliki gigi yang baik dan sehat, sehingga dapat menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara. "Oleh karena itu mari kita bersama-sama sukseskan acara ini agar gigi dan mulut kita sehat, karena mulut adalah gerbang dari kesehatan seluruh bagian tubuh dan karena jika gigi sehat maka tubuh pun sehat," tegasnya. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar