SPACE IKLAN

header ads

Pengajian Halaqah Kitab Kuning Sebagai Favorit Pendidikan di Ponpes Matla'ul Anwar Umariyah Lombok Tengah

Awal berdiri Ponpes Matla'ul Anwar Umariyah Lombok Tengah telah memberlakukan pengajian halaqah kitab kuning.

Oleh. Wir
Jumat 11 November 2022.

Lombok Tengah, WARTABUMIGORA - Ponpes Matla'ul Anwar Umariyah Lombok Tengah sejak awal berdirinya telah memberlakukan pengajian halaqah kitab kuning.Setiap malamnya para santri-santriwati rutin menerima pembelajaran kitab kuning.

Kegiatan tersebut dibimbing langsung oleh pengasuh ponpes Matla'ul Anwar Umariyah Banyak kitab yang diajarkan diantaranya, Nahwu Sharaf , Fathul Qarib, Hadis Arba'in, Al-akhlakul lilbanin/lilbanat, Sarah Dahlan, mudah nasikin, al-bajuri, khulasah Nurul Yakin kitab akhlak, dan lainnya.

Pengasuh ponpes Matla'ul Anwar Umariyah Lalu Ahmad Muzaen S.Pd.mengatakan Kitab kuning merupakan istilah untuk menyebutkan kitab-kitab klasik ulama terdahulu atau yang biasa kita kenal dengan ulama salaf.Kitab kuning merupakan elemen utama atau dasar dalam pengajaran di pondok pesantren, termasuk pondok pesantren Matla'ul Anwar Umariyan." katanya.Jumat,11/11/2022.

“Kitab kuning menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan sistem pendidikan Di pesantren, kitab kuning diposisikan sebagai subkultur pesantren dan akademisi muslim. Pengkajian kitab kuning dengan segala cakupannya dan dengan metode yang eksploratif dapat memberikan varian-varian penyelesaian problem sosial masyarakat dengan merujuk pada fenomena sosial kultural,” tuturnya.

Ditambahkannya,Akhmad Muzaen mengungkapkan, tujuan diadakannya bimbingan ini untuk melatih dan membimbing santri agar lancar, mahir membaca, dan memahami kitab kuning yang merupakan kitab yang telah disusun oleh ulama ulama terdahulu.

Selaku pengasuh pesantren mengatakan, kitab kuning adalah sehimpunan buku yang berisi pelajaran agama Islam (dirasat Islamiyyah) yang mencakup fiqh, aqidah, tasawwuf, akhlaq, dan tata bahasa.

"Untuk lebih mudah memahami kitab kuning, belajarnya dimulai dari kaedah nahwu sharaf, kosa katanya, selanjutnya Insya Allah bisa membaca kalimat demi kalimat, serta bisa memahami dan menjelaskan makna yang terkandung di dalamnya," jelasnya.

Selain itu ustadz mahdan S.Pd  menuturkan Khusus malam jumat kegiatan santri Pondok Pesantren Matla'ul Anwar Umariyah kami rutinitaskan pembacaan Suratul Yasin,barzanji dan istigozah NU, ini adalah program pembiasaan yang sejak awal di bagunnya pondok ini sampai sekarang terus kami lestarikan dan pertahankan.

Mengingat santri kami pada saatnya nanti mereka akan pulang ke kampung halamannya sehingga seiring dengan hal tesebut semoga mereka bisa berguna di lingkungan masyarakat dengan membawa nilai-nilai positif yang sudah di dapat selama di pondok," terangnya.

Tak hanya itu lanjutnya Pondok pesantren Matla'ul Anwar juga selain dari program Unggulan seperti Kajian Kitab Kuning,Tahfizul Quran,Tilawatil Quran, pembinaan pidato 3 bahasa (Bahas Indonesia,Bahasa Arab dan Bahasa Inggris).

Sedangkan di bidang Ektrakurikuler kami melaksanakan program Pencak Silat Pagar Nusa, Pramuka, Hadroh,Marawis, dan pembinaan Orgen tunggal Juga terus mengatifkan program-program pembiasaan seperti pembacaan surat yasin setiap malam jumat, qiamul lail, rotibul haddad setiap sore bakda asar,istigozah,solat tahajjud, solat duha rutin setiap pagi dan penerapa-penerapan akhlak lainnya.

" Dengan harapan di  samping mendapatkan ilmu pengetahuan formal di sekolah juga mendapatkan ilmu pengetahuan agama secara khusus di pesantren," ucapnya.

Dengan asumsi bahwa utuk menghadapi dunia global yang penuh tantangan terutama masalah akhlak saat ini tidak bisa hanya mengandalkan pengetahuan formal saja tanpa di bentengi oleh pengethuan agama yang dalam, dengan hal tersebut maka kami bersama para ustaz-ustaz yang rata-rata mereka sudah tidak diragukan kempuannya  karena  semua pembina sudah memiliki kualifikasi S1 di bidangnya masing-masing terus berusaha semaksimal mungkin utuk meberikan pendidikan pengetahuan keagamaan kepada satri dan santriwati kami," pungkasnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar