SPACE IKLAN

header ads

Untuk Meningkatkan Pengetahuan, SMK Negeri 1 Sekotong Lakukan Prakerin

Kegiatan praktek kerja lapangan SMK Negeri 1 Sekotong.

Oleh. ll
Senin 21 November 2022.

Lombok Barat, WARTABUMIGORA - Prakerin (Praktek Kerja Lapangan) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.

Menurut Kepala SMK Negeri 1 Sekotong Sulman Haris, kegiatan Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) Kelas. 11 yang melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan adalah sebanyak 9 Siswa dengan kegiatan materi untuk mendapatkan buku laut dan BST.

" Kegiatan itu dilaksanakan di Mataram dan bekerja sama dengan lembaga Mandalika Maritim Center (MMC) dan Astra Maritim Indonesia (AMI)," katanya.

Untuk kegiatan ini  lanjut Sulman Haris, berlangsung selama 1 Minggu, mulai hari Senin sampai hari Sabtu yang bertempat di Asrama Ampenan (eks Hotel Triguna), dan untuk materi lain dilaksanakan di mayure dan pelaksanaan kegiatan ini beberapa sekolah SMK lain seperti SMK Negeri Sekotong dan SMK Negeri 2 Langgudu.



Sedangkan untuk SMK Kemaritiman di NTB kata dia, SMK Negeri 1 Sekotong masih dalam persiapan untuk melakukan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakrin).

" Yang tahun lalu kita Praktek Kerja Industri di Benoa dan bekerja sama dengan perusahaan di Bali. Dan insyaallah setelah anak-anak memegang buku laut dan BST juga akan segera kita berangkat kan lagi untuk praktek kerja lapangan dengan beberapa sekolah SMK Maritim di NTB," kata dia.

Lebih jauh, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sekotong menjelaskan, kegiatan Praktek Kerja Lapangan (Prakrin) merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh peserta didik SMK. Kegiatan ini akan dapat membantu peserta didik saat nanti mau bekerja.

" Karena mereka sudah memiliki pengalaman," katanya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar