SPACE IKLAN

header ads

Subduksi Lempeng, Bali Dilanda Gempa Berurutan

Foto. Ilustrasi.

Oleh. Wyn.
Senin 10 April 2023.

JAKARTA, WartaBumigora - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan analisis dan perubahan parameter dua gempa berurutan yang mengguncang selatan Bali pada Senin, 10 April 2023, pukul 07.36.20 WIB dan 07.37.29 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan wilayah Samudra Hindia selatan Bali diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,9 dan M5,0.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,66° Lintang Selatan dan 115,09° Bujur Timur serta 9,66° Lintang Selatan dan 115,12° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 86 kilometer arah selatan Kota Denpasar, Bali, pada kedalaman 10 kilometer dan 13 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng,” ujar Daryono. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah  Kuta, Denpasar, Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah dengan skala intensitas III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa seakan-akan truk berlalu. Di daerah Kuta Selatan, Karangasem, dan Sumbawa Barat dengan skala intensitas II-III MMI. 

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Selain itu, hingga pukul 08.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Daryono mengajak warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia juga meminta warga menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. 

Banyak warga yang merasakan gempa merespons akun resmi media sosial BMKG. Di antara warga menyebutkan gempa terasa hingga Jimbaran, Lombok Utara, Lombok Timur dan Mataram. Gempa tersebut mengejutkan warga yang tengah berada di gedung pada lantai yang tinggi. 


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar