SPACE IKLAN

header ads

Pemdes Tente Bima Melakukan Program SDM Kuliah Gratis

Foto. Istimewa.

Oleh. Ipul
Kamis 25 Mei 2023.

BIMA, WartaBumigora - Sebagaimana yang kita tahu bahwa pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa biaya kuliah yang mahal menjadi hambatan bagi banyak orang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Maka dari itu Pemerintah Desa (Pemdes) Tente Melakukan Program Sumber Daya Manusia (SDM) membantu kuliah Gratis untuk Generasi muda Bangsa yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Kepala Desa Tente Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Azhar, SE, mengatakan sama media ini di kediamannya, Selasa 23 Mei 2023, Program ini kan,, program sumber daya manusia tentunya kami mengumumka kedusun masing Masing 3 orang, bahwa ada perekrutan kuliah gratis untuk masyarakat ekonomi dibawah standar,  

Kami hanya membutuhkan di Tahun 2023 ini 12 orang untuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Kota Bima dengan menggelontorkan anggaran pertahun 50  juta sampai tahun 2024, ini masih dalam tahap pejaringan," katanya.

Nanti kalaupun ada kelebihan kita akan tapung untuk tahun 2024 sampai tahun 2025, karena target saya setengah dari Anggaran Dana Desa itu adalah untuk pendidikan, karena generasi jangka panjang kita akan nikmati 10 atau 20 tahun untuk anak kuliahan bukan untuk kepala desa," ucapnya.

"Kami meginginkan Anak Anak betul betul mau kuliah bukan untuk main main, Sehingga output juga bagus, tidak akan menjadi Sarjana pengangguran tentunya kita akan membantu juga masyarakat ekonomi dibawah standar.

Kita biaya kuliah sampai batas 5 tahun, mulai semester 1 sampai 8 semester, seharusnya kuliah batasnya sampai 4 tahun tapi kita tambah biaya kripsi 1 tahun maka kita biayai mereka yang kulia sampai 5 tahun, kalau lewat batas 5 tahun mereka ditanggung sendiri biaya kuliahnya," ucapnya. 

Total keseluruhan Permahahasiswa sampai dia tamat kurang lebih 50 juta, dibiayai Dana Desa, 0% dari mereka.

Biaya mereka selama kuliah ditanggung oleh desa, kalau 12 orang berhasil tentunya kita akan rekrut lagi 12 orang untuk tahun 2024. tapi nanti berhasil 2024 sampai 2025 lagi jadi total target saya 150 juta itu untuk anggaran pendidikan dari total Dana Desa 300 juta setengah dari itu,' jelasnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar