SPACE IKLAN

header ads

Wakil Bupati Sumbawa Tetapkan SMKN 2 Berbasis Industri 4.0

Foto. Istimewa.

Oleh. HR.
Senin 28 Agustus 2023.
Editor, Lalu Muhasan.

SUMBAWA, WartaBumigora – Wakil Bupati Sumbawa Hj.Dewi Noviany, S.Pd.M.Pd yang didampingi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbawa Nasrullah Darwis, M.Pd, Kepala Sekolah SMKN 2 Sumbawa Besar Khaerudin, S.Pd, M.Pd ,Chief Administration Officer PT Trakindo Utama Yulia Yasmina, Wakil kepala sekolah para guru dan tenaga kependidikan pada acara penandatanganan perpanjangan kontrak kerja sama antara PT. Trakindo Utama dengan SMKN 2 Sumbawa, Senin, (28/08), yang berlangsung di Gedung Aula Graha Techno SMKN 2 Sumbawa.

Pada kesempatan tersebut, Kepala SMKN 2 Sumbawa Besar Khaeruddin menyampaikan, kerjasama dengan PT Trakindo Utama ini dimulai sejak Tahun 2007 dan sekarang sudah perpanjangan yang ke-6 kalinya, kompetisi alat berat ini sudah menamatkan sebanyak 235 alumni, diantaranya 85% atau sekitar 199 orang telah terserap di PT Trakindo Utama dan sisanya ada yang melanjutkan studi, kemudian ada juga yang berwirausaha, kemudian sebanyak 46 alumni telah mendapatkan beasiswa dari PT. Trakindo Utama untuk melanjutkan studi pendidikan Politeknik Vokasi, yang bernama Politeknik COOP, dan Politeknik ini adalah Politeknik yang bekerjasama dengan PT Trakindo Utama.

Pada tahun 2023 ini, akibat kemitraan yang baik antara sekolah SMKN 2 Sumbawa dengan dunia usaha dan industri, pada Hari Pendidikan Nasional SMKN 2 pada tahun 2023 ini mendapatkan Anugerah istimewa dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai SMK terbaik dalam hal kemitraan, dan pada tahun 2023 ini juga Direktorat SMK Kemendikbud Ristek telah menetapkan SMKN 2 Sumbawa Besar Sebagai penyelenggara SMK berbasis industri 4.0 pada kompetensi keahlian teknik alat berat.

Dengan ditetapkannya SMKN 2 Sumbawa Besar sebagai penyelenggara SMK berbasis industri 4.0 pada kompetensi keahlian teknik alat berat, dan kami mendapatkan bantuan dari pusat berupa uang praktek siswa baru, gedung baru yang proses pembangunannya sedang berlangsung.

" Di samping itu juga ada bantuan peralatan terutama penunjang industri 4.0 serta penguatan program pembelajaran industri 4.0," ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sumbawa Hj.Dewi Noviany S.Pd.M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, pada hari ini kita sama-sama menyaksikan perpanjangan kontrak antara PT Trakindo Utama dengan SMKN 2 Sumbawa Besar semoga acara ini selalu berkelanjutan bukan hanya SMKN 2 saja tetapi sekolah SMK yang ada di seluruh Nusa Tenggara Barat, mudah-mudahan dengan kehadiran PT Trakindo Utama terus dapat berkolaborasi dengan industri dan pendidikan, karena pendidikan tanpa industri mustahil akan sukses atau maju di kemudian hari.

Wabup Novi juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas nama Pemerintah Kabupaten Sumbawa atas terselenggaranya acara ini yang sangat luar biasa karena setiap tahun alumni-alumni khususnya di bidang teknik alat berat sudah melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di luar daerah ini, merupakan bentuk kompetensi yang sangat baik.

" Saya berharap mudah – mudahan dengan hadirnya wali murid dari anak-anak SMKN 2 Sumbawa Besar dapat memberikan motivasi serta mengajak anak-anak kita untuk bersekolah di SMK khususnya di SMKN 2 Sumbawa Besar," tukasnya.

Wabup Novi berharap semakin banyak perusahaan industri yang terinspirasi oleh kerjasama yang terjalin pada hari ini, mari kita bersama-sama berkontribusi dalam membangun sumber daya usia yang unggul dan siap bersaing di era global.

" Saya juga mengajak semua pihak untuk terus menjaga komunikasi, Sinergitas agar tujuan-tujuan bersama dapat tercapai dengan lebih baik," ajaknya.

Ia juga menyampaikan harapan kepada pihak sekolah, bahwa mesin engine yang diberikan oleh PT Trakindo Utama dapat menjadi alat yang berharga untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa-siswi dalam dunia teknik manfaatkanlah peluang ini dengan sebaik-baiknya tingkatkan kompetensi dan keahlian.

" Ya sehingga anak-anak kita nantinya dapat menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan berdaya saing," harapnya.

Di akhir sambutannya Wabup Sumbawa berpesan kepada seluruh siswa siswi SMKN 2 Sumbawa, manfaatkanlah peluang yang ada dengan sebaik-baiknya Belajarlah dengan giat dan terus karena ilmu yang kalian peroleh akan menjadi pondasi kesuksesan masa depan.

" Kami yakin dengan usaha dan dukungan semua pihak kalian akan mampu mencapai cita-cita dan meraih keberhasilan yang gemilang,"pungkasnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar