SPACE IKLAN

header ads

Puluhan Komunitas Peduli Lingkungan Meriahkan WCD Di Daerah Aliran Sungai Jangkuk Kota Mataram

Foto. Istimewa.

Oleh. Dvd
Ssnin, 18 Swptember 2023.
Editor. Lalu Muhasan.

MATARAM,WartaBumigora -Bertepatan dengan momentum perayaan World Clean up Day puluhan komunitas peduli lingkungan, anak anak Paud dan masyarakat umum melaksanakan clean up di Daerah Aliran Sungai Jangkuk kota Mataram dari hulu hingga hilir, Sabtu ( 16/09/2023 ). 

Puluhan komunitas peduli lingkungan bersama masyarakat memeriah WCD di DAS Jangkuk, diantaranya Portir Indonesia Internasional, KMPS Lapan Belek, LCC KMPS IKRAR selaku panitia lokalnya dan komunitas peduli lingkungan lainnya. 

Lurah Pejeruk Lalu Bagus dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya atas kegiatan tersebut, 

Saya hadir di acara ini ( clean up red ) selain membuka dan memberikan kata sambutan saya juga ikut aktif bahkan siap nyebur di kali Jangkuk bersama masyarakat dan komunitas pemerhati lingkungan lainnya untuk memungut sampah,"pungkasnya.

Adapun tanggapan dari masyarkat sekitar, guru dan juga orang tua wali murid yang ikut serta mendampingi anak didiknya mengharapkan agar kegiatan semacam ini meminta untuk selalu di libatkan karena kegiatan semacam ini sangatlah bagus untuk memberikan edukasi kepada anak anak sejak dini untuk membiasakan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan membuang sampah pada tempatnya. 

"Sementara itu, ketua Portir Indonesia Internasioal Maya Soeripto menegaskan bahwa selain untuk WCD acara ini juga merupakan ajang untuk mempererat silaturrahmi antar komunitas peduli lingkungan,"beber Maya. 

"Komunitas Peduli Lingkungan bukan tukang sampah, ataupun tukang pungut sampah, akan tetapi kehadiran mereka di tempat ini untuk memberikan motivasi dan eduksi kepada masyarakat sekitar untuk kedepannya memiliki kesadaran untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan membiasakan buang sampah pada tempatnya bukan buang sampahnya di sungai lagi,"imbuhnya.

Senada dengan apa yang di sampaikan Ketua Portir Indonsia Internasional Maya Soeripto, Ketua IKRAR sekaligus ketua pelaksana kegiatan WCD di DAS Jangkuk Rifki Yudi Pratama menuturkan bahwa kegiatan hari ini bertepan dengan momemtum perayaan WCD dimana selain dari teman teman komunitas Peduli Lingkungan yang jumlahnya puluhan yang ikut serta dalam WCD hari ini, ada juga dari anak anak Paud, TK, SD, SMP, SMA dan juga masyarakat sekitar. 

"Lebih lanjut Rifki menyampaikan bahwa untuk di temapat ini hampir tiap tahun kita melaksanakan Clean Up, alhamdulillah apa yang kita terus ikhtiarkan ini bersama masyarakat dan dengan stakeholder terkait membuahkan hasil, before afternya nampak jelas separti apa yang kita lihat dan rasakan hari ini sudah bersih dan tidak kumuh lagi seperti tiga tahun yang lalu,"beber Rifki. 

"Harapannya semoga kedepannya program dari hulu ke hilir bisa berkesinambungan tidak semata ajang WCD ini sebatas seremeonial belaka tapi terus berkelanjutan, sebagaimana selogan dari IKRAR yakni Jangkuk Yang Kurindukan,"tutupnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar