SPACE IKLAN

header ads

Sosialisasikan ke Desa-desa, Panwascam Sekotong Siap Buka Rekrutmen Pengawas TPS Pemilu 2024

Foto.petugas Panwascam Sekotong dan jajaran siap membuka rekrutmen petugas Pengawas TPS Pemilu 2024.

Oleh. Tm.
Selasa, 12 Des 2023.
Editor, Lalu Muhasan.

LOMBOK BARAT,Wartabumigora - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Sekotong Lombok Barat segera membuka rekrutmen petugas pengawas(Panwascam) Tempat Pemungutan Suara (TPS). Rencananya pembukaan rekrutmen dilaksanakan pada bulan Januari tahun 2024 mendatang. Panwaslu Sekotong sendiri telah melakukan persiapan dengan sosialisasi ke desa-desa sejak bulan ini. 

Ketua Panwaslu Sekotong, Saparwadi, S.Kom.I. Selasa (12/12), menerangkan, untuk perekrutan petugas pengawas TPS ini menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Bawaslu. "Terkait kapan dimulai rekrutmen ini kami sudah mulai ancang-ancang, sambil kita nunggu juknis dari Bawaslu. Kemungkinan Desember ini keluar juknisnya,"terang Ketua Panwaslu Sekotong ini. Mengacu UU nomor 7 tahun 2017 dan peraturan Bawaslu nomor 1 tahun 2020, bahwa 23 hari sebelum pungut hitung petugas pengawas TPS sudah dibentuk. Kemudian pembubaran itu dilakukan tujuh hari setelah pungut hitung atau pemiu. 

Karena itu, rekrutmen PTPS ini akan dilakukan di atas tanggal 21 atau 22 Januari 2024 nanti. Untuk kebutuhan Petugas PTPS di wilayah kecamatan Sekotong ada 226 TPS reguler satu TPS khusus yang tersebar di 9 desa di Daerah setempat. "Jadi total kebutuhan petugas PTPS sebanyak 227 orang untuk mengisi masing-masing TPS,"jelasnya. Satu TPS nantinya akan diawasi oleh satu orang petugas pengawas TPS. Soal ketentuan berapa hari waktu pengumuman rekrutmen dan syarat khusus, masih menunggu juknis dari Bawaslu. 

Namun untuk syarat-syarat umum dalam rekrutmen PTPS ini, diantaranya warga yang punya hak pilih, ijazah terakhir minimal SMA, surat keterangan sehat dari puskesmas. Petugas PTPS ini, 

diutamakan dari TPS di wilayah setempat yang lebih tahu daerahnya.  "Dan tempat pendaftarannya nanti di kantor Panwascam Sekotong,"imbuhnya. Lebih lanjut dijelaskan, pengawas TPS ini merupakan ujung tombak Bawaslu ditingkat bawah. Sehingga pihaknya berharap calon-calon pengawas TPS ini, betul-betul menjaga netralitas, integritas serta kejujuran dalam mengawal demokrasi Pemilu 2024. 

Dari sisi kesiapan Panwascam sendiri untuk rekrutmen PTPS ini, pihaknya semenjak bulan Desember ini sudah melakukan tahapan sosialisasi ke masing-masing desa. Pihaknya juga menyebarluaskan melalui media sosial, media massa untuk mengajak masyarakat ikut berpartisipasi menjaga Demokrasi sebagai pengawal demokrasi pemilu 2024. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar