SPACE IKLAN

header ads

FGD Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pendidikan dan Kependidikan


Foto. Dinas Dikbud Lobar, evaluasi diri guru dalam rangka meningkatkan komptensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di hotel Jayakarta.

Wartabumigora.com, LOMBOK BARAT- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat melaksanakan FGD (Focus Group Discussion)  evaluasi diri guru dalam rangka  menigkatkan komptensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta menjadi arah kebijakan Dinas Dikbud dalam meningkatkan layanan mutu pendidikan yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 23-24   September 2019 di hotel Jayakarta.

Kegiatan FGD tersebut dihadiri Oleh Sekretaris Dinas Dikbud, Kasi SMP, Kasi SD,  Kasi TK Bidang GTK dan diikuti oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), SMP,  Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD, Kelompok Kerja Guru (KKG) SD, Ikatan Guru TK (IGTK) , dan Koordinator Pengawas.

Foto. Wartabumigora.com.

Dalam FGD itu berjalan alot, masing-masing perwakilan mengusulkan program yang bersentuhan kebutuhan para guru dalam rangka meningkatkan layanan mutu pendidikan di daerah tersebut. 

Program yang diajukan itu, akan di jadikan program Dinas Dikbud melalui Bidang Guru Tenaga Kependidikan ( GTK)
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Barat H. Nasrun, S.Pd., MM meminta seluruh peserta FGD agar memberi masukan yang konstruktif untuk pengembangan program pendidikan  yang lebih baik dan lebih maju kedepan sehingga pendidikan menjadi milik semua elemen, tidak lagi menjadi tupoksi dinas pendidikan, sekolah dan guru saja.
Kegiatan FGD bertujuan untuk mengetahui data kebutuhan pengembangan kompetensi guru, kepala sekolah dan pengawas untuk dijadikan pertimbangan dalam penyusunan program kerja bidang GTK.

"FGD ini juga dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru yang dirumuskan melalui program usulan guru,,"katanya. Selasa. (24/9/2019).

Hasil yang diharapkan dari FGD ini adalah informasi faktual dalam penyusunan program dalam peningkatan kompetensi bagi guru, kepala sekolah dan pengawas guna ditingkatkan dan dikembangkan.

Ia berharap setelah FGD ini peserta mampu membawa MKKS, MGMP, K3S, KKG dan pengawas untuk kemajuan pendidikan.

" Komunitas ini harus memiliki inovasi dalam meningkatkan kompetensi dalam rangka meningkatkan layanan mutu pendidikan," imbuhnya.

Sementara itu, sekretaris Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP, Sahman memberikan apresiasi kepada Dinas Dikbud Lobar yang telah melaksanakan FGD tersebut. Evaluasi diri guru adalah aktivitas menilai sendiri keberhasilan proses pengajaran yang di laksanakan guru.

Dengan evaluasi diri guru, akan terjadi perbaikan kualitas pengajaran yang di lakukan guru. Kegiatan FGD ini juga penting karena berbagai program kebutuhan dalam peningkatan kompetensi guru, kasek, dan pengawas dapat tertuang dalam program yang diusulkan melalui Bidang GTK untuk dijadikan kebijakan Dikbud Lobar.(llu).
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar