SPACE IKLAN

header ads

Ini Keuntungan Dan Keistimewaan Memelihara Burung Pleci

Burung Pleci.

WARTABUMIGORA LOMBOK BARATBurung pleci atau sering disebut “Burung Kacamata” akhir-akhir ini sepertinya sudah menjadi idola baru bagi para penggemar burung berkicau, hampir setiap rumah yang hobi memelihara pasti selalu tergantung burung jenis ini, bahkan ada yang memelihara beberapa ekor. Walaupun burung ini memiliki postur tubuh yang kecil tapi tidak disangka burung ini mampu bernyanyi dengan suara yang merdu, meski volume suaranya tidak terlalu keras tapi kalau kita dengarkan kicauannya akan terasa mengalun begitu indah. Selain kicauannya yang indah, burung inipun mampu menirukan berbagai jenis suara burung. Kadang kicauannyapun dibawakan sambil teler, kepala mengeleng-geleng ke kanan ke kiri hampir seperti burung Anis Merah.

Burung pleci sangat menyukai gemericik suara air, manakala hujan atau gerimis burung ini pasti akan mengalunkan suara merdunya. Tidak ada salahnya sobat kicaumania perlu juga mengetahui keuntungan dan keistimewaan burung pleci dibanding burung-burung kecil lainnya.

Lantas keuntungan dan keistimewaan apa saja yang terdapat pada burung pleci ini:

Berpostur tubuh kecil sehingga hanya membutuhkan sangkar yang mini dan tidak terlalu besar, sehingga mudah dibawa-bawa ke tempat latberan, lomba atau sekedar jalan-jalan.

Harga bakalan pleci relatif murah dan terjangkau sehingga sering menjadi alternatif kicau mania yang berkantong minim.

Termasuk burung yang cepat dan mudah beradaptasi.

Mudah dalam perawatan sehari-hari, untuk makanannya dapat diberikan pakan Ronggolawe, dimana pakan Ronggolawe ini berupa voer yang berkualitas, kaya akan vitamin dan nutrisi sari buah-buahan yang lengkap untuk burung pleci dan sejenisnya. Dapat juga ditambah serangga kecil seperti kroto atau ulat hongkong dan air gula (madu).

Mudah berkicau sehingga sobat kicau mania lebih cepat dan mudah menikmati kicauan merdunya di rumah. Jika dalam kondisi yang sehat dan fit, burung pleci akan terlihat lincah dan lucu untuk dinikmati tingkah lakunya.

Di alam liar burung pleci biasa hidup di pucuk-pucuk pohon jengkol, laban, trembesi maupun sengon jawa karena biasanya biasa membuat sarang di ujung ranting-ranting kecil pohon tersebut. Sarang burung ini berbentuk bulat kecil dengan tekstur yang rapi dan rata-rata berisi dua ekor anak.

Semoga dengan pola rawatan kita yang baik dan konsisten, pleci juga akan memberikan TOP PERFORMnya untuk kita semua…… Selamat menikmati alunan indahnya suara burung pleci…. Salam Plecimania.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar