SPACE IKLAN

header ads

HUT NTB ke 61, Gubernur NTB, Ajak Kebersamaan Bangun Daerah


Foto. Saat usai pelaksanaan Peringati HUT NTB ke 61 di halaman kantor Bupati Lombok Timur.

WARTABUMIGORA. LOMBOK TIMUR --  HUTNTB ke-61, 17 Desember 2019, di Kabupaten Lombok Timur diperingati dengan upacara yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Lombok Timur. Upacara diikuti berbagai unsur seperti karyawan/ karyawati Lingkup Pemda Lombok Timur, TNI, Polri, Pemuda Pelajar dan Pramuka, dengan Sekretaris Daerah H. Rohman Farly. Selaku Inspektur pada upacara.

Dalam sambutan  Gubernur NTB yang dibacakan Inspektur Upacara disampaikan prestasi yang telah diraih NTB, termasuk prestasi warga NTB juga capaian berbagai Kabupaten/ Kota di NTB sepanjang 2019. Kaitannya dengan  itu Gubernur mengajak masyarakat NTB membangun kebersamaan.

Sebab semua prestasi dan kemajuan yang dicapai saat ini bukan karya satu atau dua orang, melainkan buah kerja kolektif dari seluruh warga NTB dan seluruh pemimpin NTB terdahulu.

Peringatan HUT NTB, menurut Gubernur, juga merupakan waktu yang tepat untuk merenungkan tantangan ke depan yang akan dihadapi. Salah satunya adalah kerusakan lingkungan yang telah terjadi. Karenanya Gubernur mengingatkan warga NTB untuk menjadikan pemulihan lingkungan sebagai prioritas.

Kaitan dengan hal ini, Pemerintah Provinsi NTB telah mencanangkan gerakan NTB hijau, di Dusun  Kayu Madu, desa Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, 12 Desember lalu. Diharapkan gerakan ini menjadi awal baru upaya-upaya sebelumnya yang telah dilakukan untuk memulihkan lingkungan.

Pemprov NTB berjanji akan terus mendorong program-program unggulan seperti tata ruang berkelanjutan; NTB zero waste; Bank sampah; penataan Geopark; taman asri; dan hutan produktif.

Tantangan lain, disebutkan Gubernur juga adalah menyatukan kekuatan-kekuatan yang terserak. Hal ini terkait  suksesi kepemimpinan di sejumlah Kabupaten/ Kota tahun 2020 mendatang.

Pada Akhirnya Gubernur mengingatkan bahwa ikhtiar yang dilakukan jauh lebih komplek dari yang telah digambarkan. “Ikhtiar dan mimpi-mimpi kita sebagian mungkin akan menuai hasil menggembirakan. Sebagian lainnya mungkin akan menemui kegagalan. Tapi hasil akhir bukanlah ranah manusia. Tugas kita adalah menyatukan kekuatan,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut diserahkan pula hadiah kepada pemenang sejumlah Lomba Tingkat kabupaten Lombok Timur. Di antaranya Lomba Penilaian Pelayanan Publik pada 10 UPT pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lingkup Pemda Lotim  di mana Juara I diraih Kecamatan Selong Unit 5, Juara II Kecamatan Terara Unit 8, dan Juara III Kecamatan Aikmel unit 3. Selain itu ada pula Lomba Kecamatan Lingkup Kabupaten Lombok Timur dengan Juara I Kecamatan Aikmel, Juara II Kecamatan Sambalia, dan Juara III diraih Kecamatan Wanasaba.

Lomba lainnya adalah lomba sekolah, instansi, dan kelurahan/ lingkungan bersih dan sehat. Dalam lomba ini juara dikelompokkan per-katagori, mulai dari tingkat sekolah dasar. Untuk tingkat Sekolah Dasar Juara Pertama diraih SDN 3 Teros, tingkat SLTP juara pertama adalah SMPN 1 Sukamulia, tingkat SLTA diraih SMAN 3 Masbagik. Sementara itu untuk tingkat Instansi RSUD dr. R. Soedjono menjadi yang terbaik, dan dusun Gubuk Bangket, desa Dasan Lekong menjadi juara pertama untuk tingkat Kelurahan/ Lingkungan. (Rye).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar