SPACE IKLAN

header ads

Kapolda NTB, Tanam 2000 Pohon Kayu di Eks Tambang Emas Gunung Prabu Lombok Tengah

Foto. Kapolda NTB. Irjen Pol Drs. Nana Sudjana. Saat lakukan penghijauan di gunung Perabu Lombok tengah.

WARTABUMIGORA. LOMBOK TENGAH - Menyikapi kering dan gersangnya eks tambang emas di gunung Perabu Desa Perabu Kecamatan Kute Lombok Tengah, Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Nana Sudjana, melakukan penanaman pohon guna mendukung program penghijauan, di Desa Prabu Kecamatan Kute Lombok Tengah, Kamis (2/1/2020).

Menurut Kapolda NTB, beberapa bulan yang lalu di tahun 2019 NTB mengalami kekeringan di musim kemarau yang cukup lama, selain kekeringan kebakaran lahan juga kerap terjadi, dan kita tahu juga bagaimana kebakaran wilayah kemudian Kalimantan Jawa termasuk di Nusa Tenggara Barat (NTB).

" Jadi kita Berapa lahan kebakaran di Rinjani kemudian di beberapa lahan lainnya Selama musim kemarau ini dapat kita rasakan, banyak pepohonan yang mati dan ini memang perlu untuk apa namanya untuk upaya-upaya kita kan memang dalam hal ini dilakukan baik oleh pemerintahan daerah Kemudian juga termasuk dari TNI Polri dan saat ini kita bersama-sama untuk mengelola ataupun penanaman pohon di lokasi Prabu." ucap Kapolda NTB, Nana Sudjana.

Foto. Kapolda NTB. Saat penghijauan di gunung Perabu Lombok Tengah.

Irjen Pol Nana Sudjana juga menjelaskan, Gunung Prabu merupakan eks lahan tambang emas, oleh sebab itu sangat menjadi inspirasi untuk melakukan reboisasi penghijauan penanaman pohon karena, Setelah sekian lama masyarakat melakukan penambangan liar.

"  Ya sekitar 2000 bibit kayu yang coba kita tanamkan di wilayah bekas tambang mas di prabu dan kita lakukan sekitar 200 personil baik itu Polri maupun TNI." Jelas dia.

Kapolda NTB juga saat ini berupaya melakukan penyelamatan lingkungan atau rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air dan penghijauan, terlebih di kawasan wisata seperti Kute dan akan berdampak kepada lingkungan" Dan ini merupakan perintah langsung dari Kapolri, soalnya kan kawasan KEK Mandalika sangat berpengaruh." Katanya.,

" Dan sudah tidak dapat ditunda lagi bumi saat ini sedang menghadapi ancaman Global yang serius seperti, banjir erosi dan tanah longsor. Rusaknya lingkungan alam kepunahan dan hilangnya beberapa jenis flora fauna kebakaran hutan dan lahan kita mengharapkan bahwa hutan yang terpelihara dengan baik dan lahan yang ditumbuhi dengan cukupnya akan berfungsi menyerap serta menyimpan air." lanjutnya.

Irjen Pol Drs. Nana Sudjana meminta kepada semua masyarakat NTB agar mulai dari hari ini agar senantiasa melakukan penanaman pohon, baik di di gunung maupun di lahan termasuk halaman rumah." Ini untuk kepentingan anak cucu kita kelak." Tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut JPU Polda NTB Kapolres Lombok Tengah dan jajarannya, serta Wakil Bupati Lombok Tengah dan Dandim Lombok Tengah.(llu).


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar