SPACE IKLAN

header ads

60 BSU Tersebar di NTB, Lakukan Bimtek Terkait Samsat Zero Waste di Bappenda Provinsi NTB


Bappenda Provinsi NTB gelar kegiatan mimbingan tehnis layanan Samsat Zero Waste di Kantor Bappenda NTB Mataram.

WARTABUMIGORA. MATARAM - Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB menggelar kegiatan bimbingan teknis layanan khusus Samsat Zero Waste pada Kamis (23/1/2020) bertempat di aula Kantor Bappenda Provinsi NTB di Mataram dengan melibatkan peserta lebih dari 60 perwakilan Bank Sampah Unit (BSU) yang tersebar di NTB.

Menurut Kepala Bidang Persampahan Dinas LHK Provinsi NTB Lalu Syakhruzali Suapryadi S.T, Samsat Zero Waste merupakan inovasi yang diinisiasi Bappenda Provinsi NTB bersama Tim Pembina Samsat dan Bank Sampah NTB yang memungkinkan masyarakat melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) menggunakan sampah.

" Samsat Zero Waste bertujuan mendorong masyarakat untuk mulai memilah sampah dari rumah tangga," ucapnya.

Disamping untuk memanfaatkan sampah untuk membayar PKB, sambungnya, Sampah rumah tangga juga menjadi presentase terbesar yang mengancam lingkungan.

" Bahwa presentase timbunan sampah tahun 2018 62 persen berasal dari sampah rumah tangga." Beber lalu Syakhruzali.
Sementara itu Dr. Ir. H. Iswandi Kepala Bappenda Provinsi NTB, mengungkapkan bahwa melalui kegiatan bimbingan teknis Samsat Zero Waste ini Pemerintah Provinsi NTB melalui Bappenda Provinsi NTB mengajak seluruh Bank Sampah Unit yang ada di NTB untuk mendorong masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dengan mulai memilah sampah dari rumah dan menabung sampah di Bank Sampah.

" Ini sekaligus sebagai upaya untuk mendukung program NTB sebagai Provinsi Bebas Sampah 2023 serta untuk mewujudkan visi misi NTB yakni NTB asri dan lestari." Jelasnya. (rd).



Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar