SPACE IKLAN

header ads

Teluk Sepi, Surga Tersembunyi di Selatan Lombok

Teluk Sepi, Surga Tersembunyi di Selatan Lombok

WARTABUMIGORA. LOMBOK BARAT - Teluk Sepi Desa Buwun Mas Sekotong, merupakan sebuah teluk indah yang langsung menghadap ke Samudera Hindia. Keindahan destinasi wisata yang masih sepi dan tersembunyi ini hanya berjarak sekitar 60 km atau 1 jam perjalanan dari Kota Mataram dan sekitar 75 km jika ditempuh dari Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid (BIZAM). 

Seperti namanya, tempat ini masih sepi khusunya dari wisatawan. Asal mula penamaan tersebut, karena dahulunya tempat ini sangat sepi dan tidak berpenghuni.

Keberadaanya di ujung selatan Pulau Lombok dan dikelilingi oleh perbukitan serta tidak ada akses jalan yang memadai menjadikannya tempat ini waktu itu  jarang diketahui.

Keindahan Teluk Sepi terasa sempurna dengan barisan perbukitan hijau disekitarnya memanjakan mata memandangnya. Air laut yang tenang dan tiupan angin segar membuat Anda dijamin akan betah menghabiskan waktu disini. Tidak heran jika tempat ini sering dikatakan -Hidden Paradise, surga tersembunyi oleh para pengunjung.

Disisi timur terdapat hutan mangrove yang sudah dikelola menjadi ekowisata oleh Pemerintah Desa Buwun Mas menambah daya tarik tempat ini. Anda bisa menghabiskan waktu disini sambil  memancing ikan dengan menyewa perahu nelayan sekitar.

Bagi Anda pecinta fotografi, Anda bisa berkendara ke arah selatan dan timur teluk ini. Anda akan menjumpai banyak spot foto dengan pemandangan laut lepas dan dikelingi perbukitan. Salah satu yang paling terkenal belakangan ini adalah Bukit Pyramid. Sebuah bukit yang menyerupai Pyramida yang ada di Mesir.

Belakangan, para perantau yang didominasi oleh warga Lombok Tengah datang dan menetap disini. Maka tidak heran, bahasa warga disekitar Teluk Sepi menggunakan rumpun Bahasa Sasak yang biasa ditemukan di Lombok Tengah.

Sebagian besar penduduk disini bermata pencaharian sebagai nelayan. Terdapat banyak keramba ikan dan perahu nelayan disekitar perairan ini. Saat menangkap ikan, para nelayan biasanya berlayar hingga ratusan mil ke laut lepas.

Menurut warga setempat, tidak jarang mereka berlayar sampai ke perbatasan perairan Indonesia- Australia. Hasil tangkapan tersebut kemudian sebagian dijual langsung ditempat—rumah masing-masing, sebagian lagi dikirim ke berbagai tempat di Lombok hingga luar daerah.

Melihat keseriusan pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk  mengembangkan potensi wisata di wilayah selatan, disambut atensi Pemerintah Desa Buwun Mas, Teluk Sepi lambat laut akan semakin ramai. 

Anda tidak perlu khawatir akan kondisi jalan, karena sepanjang jalan menuju tempat ini sudah beraspal. Anda hanya perlu berhati-hati dengan kecepatan standar, karena rute yang akan Anda lalui berkelok-kelok membelah bukit dengan beberapa tanjakan.(Usmn).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar