SPACE IKLAN

header ads

Hubungan Politik Islam Dengan Kemajuan Pemerintah

Oleh: Wahyuni.

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Samawa Rea.

Politik islama adalah pengaturan urusan umat di dalam dan luar negeri dengan hokum islam, politik islam melibatkan dua pelaku yaitu Negara dan umat/rakyat, kemudian meliputi pengaturan dalam  negeri dan luar negeri, dan terakhir adalah sumber legislasinya adalah  hukum islam.

Pemerintah  merupakan kekuatan pengorganisasian yang tidak selalu dikaitkan dengan organisasi angkatan bersenjata, tapi bisa juga sekelompok orang dari berbagai kelompok masyarakat yang di selenggarakan oleh sebuah organisasi untuk mewujudkan tujuan dan sasaran mereka, dengan memberikan perhatian pada urusan public.

Dampak positif politik islam:

Ilmu politik dalam islam bisa memberi kesejahteraan kepada umat manusiadi dunia dan akhirat

Menciptakan Negara yang bertauhid dengan lakukan amanah, tegakkan kebenaran dan tanggapi penindasan-penindasan yang ada pada negeri ini.

Berdasarkan wacana tersebut politik islam memiliki pengaruh terhadap kemajuan pemerintah dikarenakan politik islam yang mengatur kesetaraan dan kesejahteraan umat sehingga pemerintah yang menggunakan politik islam akan cenderung memiliki jiwa dermawan pada saat memberikan pelayanan kepada masyarakatnya.

Pada saat ini di Indonesia sudah banyak peerintah yang menerapkan system politik islam sehingga mereka tergolong sebagai pemerintah yang diharapkan rakyat pada saat ini.

Kemajuan masyarakat tergantung pada pemerintah yang mengayomi dan menyuruh masyarakat itu sendiri sehingga apabila pemimpin yang manah yang Mengurus urusan masyarakat maka masyarakat itu pun akan maju dan sejahterah. 

Pemerintah yang mengedepankan politik islam adalah pemerintah yang menggunakan sistem politik islam yang mementingkan urusan kemaslahatan umat yang menjadi pemerintah yang di idamkan masyarakat saat ini. 

Hal tersebut dapat memberikan pengaruh yang cukup kuat bagi kehidupan masyarakat baik dari segi kemajuan maupun perkembangan kehidupan sosial dan agama masyarakat.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar