SPACE IKLAN

header ads

Sebanyak 64 KPM di Desa Pelambik Loteng terima BLT DD Tahap 1

Sebanyak 64 KPM di Desa Pelambik Loteng terima BLT DD Tahap 1.

WARTABUMIGORA. Lombok Tengah -Sebagai tindak lanjut penanganan dampak covid-19 yang masih mewabah melalui terapan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ). Sesuai peraturan, Pemerintah Desa Pelambik Kecamatan Praya Barat Daya Lombok Tengah melaksanakan pembagian Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) Dana Desa ( DD ) kepada Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ), Senin ( 26/04 ) di aula kantor Desa.

" Kali ini, hanya ada 64 KPM yang terdaftar dari 17 Dusun. Hasil kesepakatan musyawarah Desa berdasar verifikasi yang ditetapkan setelah seleksi oleh masing-masing Kepala Dusun, " Kata Jumasan selaku Kepala Desa.

Diakui, jumlahnya sangat minim, rata-rata per Dusun terdapat 3 KPM, karena mayoritas warga sudah menerima bantuan jaring pengaman sosial lain seperti Program Keluarga Harapan ( PKH ), Kartu Sembako, Kartu Pra Kerja, Bantuan Sosial Tunai ( BST ) dan sebagainya.

" Jadi, kami prioritaskan bagi mereka yang belum terjamah sama sekali oleh bantuan pemerintah, Sehingga benar-benar tepat sasaran " lanjutnya. 

Diungkapkan, pembagian BLT DD ini merupakan tahap pertama terhitung januari, namun terpaksa dimulai bulan April mengingat alokasi anggaran yang terlambat dicairkan. 

" Mengejar ketertinggalan, pembagian BLT DD ini kami perkebut jadi selang 14 hari sekali dari jarak per tahapnya menyesuaikan jeda kekosongan 4 bulan terakhir, " imbuh Jumasan.

Sesuai target, Progres pembagian BLT DD periode tahun 2021 akan berlangsung penuh selama 12 kali dari januari sampai desember.

Ditegaskan, tidak ada sama sekali pemotongan atau penyelewengan karena DD sudah terarah. Dan dalam setiap program pihaknya memastikan selalu berlaku transparan.

Mengenai objek penerima, Ketua BPD Lalu Mustajab Aziz menambahkan kemungkinan besar tidak akan berubah alias tetap sesuai regulasi.

Ia meminta kepada masyarakat agar dapat memaksimalkan penggunaan uang sebagai mestinya. Tidak diperuntukkan kebutuhan yang sia-sia. 

Rudi Hartono selaku Sekdes menerangkan, untuk tahap selanjutnya, Pemdes tidak neko-neko. Seketika dana kembali turun, maka langsung disalurkan. Sebab, sudah disiapkan perangkat administrasi dan SPJnya. 

Seperti diketahui, besaran dana yang diterima per KPM sebanyak 300 ribu rupiah. Sehingga Total anggaran yang dikeluarkan Pemdes Pelambik setelah dikalikan 64 KPM selama 12 tahap berjumlah 230 juta 400 ribu rupiah. 

Diharapkan, BLT DD membantu masalah ekonomi masyarakat sehingga penanganan dampak covid-19 bisa teratasi. ( irs ).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar