SPACE IKLAN

header ads

Amdal Pasar Seketeng Diduga Salah Konstruksi dan Perencanaan

Rosihan anggota DPRD Sumbawa Periode 2014-2019 ( foto: for Rosihan).

WARTABUMIGORA. Sumbawa -- Anggota DPRD Sumbawa Periode 2014-2019 Rosihan kepada media ini menegaskan jika Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)  pasar seketeng Kabupaten Sumbawa diduga salah kontsruksi dan perencanaan.

"Saya menduga bahwa amdal pasar seketeng itu konstruksinya dan perencanaannya bermasalah,"ungkapnya(3/5).

Lanjut Rosihan yang juga pemerhati jasa konstruksi sumbawa ini menegaskan intinya amdal pasar seketeng salah konstruksi. Karena dokumen UKL - UPL yang lebih dahulu dibuat.

"Seharusnya dokumen amdal itu lebih dahuku dijadikan saat proses perencanaan pasar seketeng,"tukasnya.

Tambahnya, seharusnya bukan dengan disiasati dgn UKL-UPL agar bisa dibenarkan secara hukum. Padahal sebenarnya kalau kita mau jujur UKL-UPL itu seharusnya tidak boleh dibuat hanya untuk kepentingan pembenaran pelaksanaan Pasar Seketeng tahap awal.

" Padahal dokumen UKL-UPL itu hanya pemborosan anggaran APBD saja. Karena setahun setelahnya dianggarkan lagi lebih kurang  Rp 150 juta anggaran Dokumen AMDALnya melalui DPA Bapenda Sumbawa,"tegasnya.

Jadi tambah Rosihan silakan di cek konstruksi AMDAL pasar seketeng saat ini.  Aliran limbah Ikan melalui pipa yg terlalu kecil.

" Kapasitas pipanya terlalu kecil dan tidak layak. Sementara limbah dari pedagang ikan saja lebih besar kapasitasnya,"geramnya.

 Sambungnya, dirinya menyapaikan ini karena hampir tiap hari lakukan investigasi lapangan baik siang maupun malam hari di pasar seketeng demi mendapatkan persaoalan yg sebenarnya di lapangan.

 "Silakan di buka Dokumen AMDALnya,  apa sudah sesuai dgn pelaksanaan di Lapangan terkait Konstruksi AMDAL di Pasar seketeng,"tanya Rosihan lagi.

Masih menurut dia, ini belum lagi persoalan air bersihnya yang tidak jalan di pasar seketeng terutama di tandon air bagian Timur, yang menjadi kebutuhan sehari- hari pedagang pasar dan Jaringan air bersih tentu tetap ada saling membutuhkan dgn jaringan AMDAL itu sendiri,"imbuhnya.

Seperti diketahui hal ini mencuat ketika turun hujan lebat,  lantai I pasar seketeng tergenang air. Sehingga atas persoalan tersebut memunculkan banyak spekulasi dari masyarakat Sumbawa.(Hermansyah).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar