SPACE IKLAN

header ads

Masyarakat Pesisir Laut Pasir Putih Bima, Panen Rumput Laut

Berita Nasional
HEADLINE NEWS
Oleh. Ipul
Editor. L. Muhasan
Selasa 11 Januari 2022.

Bima - Sebagai bahan baku pengolahan agar, rumput laut harus dipanen pada umur yang tepat sesuai jenis dan lokasi pertumbuhannya sehingga kandungan agar terdapat dalam jumlah yang maksimal. 

Salahsatunya warga lagi panen rumput laut, Pua Gani dikonfirmasi wartawan ini, senin (10/01/22), budi daya dilakukan setelah tanaman berumur 2 bulan, tergantung kesuburan lahan, diameter thallus kurang lebih 2 mm, panjang thallus 20—30 cm, dan warna hijau atau merah tua. 

"Pemanenan rumput laut dari alam dilakukan dengan cara memetik thallusnya sambil  meninggalkan sebagian thallus pada substratnya, agar nantinya tumbuh kembali dan dapat dipanen pada musim panen berikutnya. Panen dilakukan pada saat air laut surut dan cuaca cerah." Ujar Gani petani rumput laut. Senin (10/1/2022). 

Lanjut, Gani untuk rumput laut budi daya, dilakukan dengan cara memotong seluruh tanaman. Ujung tanaman yang masih muda dipetik untuk bibit dan bagian pangkalnya dikeringkan sebagai komoditi rumput laut kering. Pada rumput laut. 

" Budi daya, setelah panen rumput laut dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan air untuk menghilangkan kotoran yang menempel seperti tanah," jelasnya.

"Rumput laut kemudian dijemur dengan menggunakan alas terpal. Penjemuran dimaksudkan untuk mengurangi kandungan air rumput laut kering (kadar air ±12%) sehingga rumput laut lebih awet dan volume menjadi lebih kecil." Lanjut Gani. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar