SPACE IKLAN

header ads

SMKN 1 Batukliang Utara Mengaplikasikan Kurikulum Merdeka di Kelas X, Tahun Pelajaran 2022-2023

SMKN 1 Batukliang Utara Mengaplikasikan Kurikulum Merdeka di Kelas X, Tahun Pelajaran 2022-2023.

Oleh. Wir
Rabu 16 November 2022.

Lombok tengah, WARTABUMIGORA - Penerapan Kurikulum Merdeka yang masih baru membuat masih ada sekolah atau guru yang belum begitu familiar.Oleh karena itu, dalam penerapannya satuan pendidikan dapat menyesuaikan dengan kemampuan dan sarana prasarana sesuai kondisi sekolah.Meski demikian, banyak satuan pendidikan sudah siap menerapkan Kurikulum Merdeka.

Salah satu sekolah hari ini selasa,15 November 2022, SMKN 1 BATUKLIANG UTARA, Lombok tengah melaksanakan IHT ( In House Training) untuk Kurikulum Merdeka, yang mulai diterapkan di kelas X tahun pelajaran 2022-2023.

Menurut Kepala SMKN 1 Batukliang Utara, Akhmad Husni, S.Pd., MM. mengatakan kegiatan ini diperlukan untuk dapat memahami Kurikulum Merdeka dan mampu menerapkannya di sekolah.Implementasi Kurikulum Merdeka diharapkan mampu menghasilkan SDM yang unggul dalam berbagai bidang di masa depan Salah satunya dengan cara memberikan kebebasan kepada siswa siswi untuk memilih materi ilmu yang ingin mereka dalami," terangnya selasa 15/11/2022.

Lanjut di jelaskan Kegiatan IHT, akan berlangsung 2 hari, yakni Selasa,15 November 2022, dan Hari Kamis, 17 November 2022.Kegiatan, IHT pada hari pertama ini, menyusun Modul Ajar, untuk semua mata pelajaran yang ada di SMKN 1 Batukliang Utara, dengan 5 Kompetensi Keahlian yang ada, yakni :

KK.Usaha Perjalan Wisata, Perhotelan, ATPH ( Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura), ALSINTAN ( Alat dan Mesin Pertanian) dan APHP ( Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian).

Sedangkan, pada hari kedua nanti,pada tanggal 17 November 2022, dengan kegiatan Diskusi, dan konfirmasi terkait Kurikulum Merdeka, Hadir pada hari kedua IHT ini, pengawas Pendidikan Dinas Dikbud, yaitu Bapak Wakidi, MT, dan Bapak Dindin Ginanjar, M. Pd. Kedua pengawas tersebut akan membimbing dan membina semua guru SMKN 1 Batukliang Utara, sebagai peserta IHT." jelasnya.

" Kegiatan IHT ini untuk penyusunan Modul Ajar,diilakukan secara berdiskusi, sesuai kelompok mapel dan KK yang ada sesuai jenis mapel dan jenis guru yang ada, yaitu guru Normatif, guru Adaptif, dan Guru Produktif," Bebernya.

Di tempat yang sama wakasek bagian Kurikulum,Husnitalia Mayantika, S.P, mengatakan Alhamdulillah kegiatan IHT, berjalan lancar karena guru guru sebagai peserta sangat semangat mengikutinya,karena Modul Ajar yg disusun akan digunakan langsung dalam pembelajaran yang akan dilakukan di kelasnya.

“Sebagai ujung tombak,(red )kami siap dengan Kunjungan Kerja Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Lombok Tengah khususnya di sekolah kami, Kurikulum Merdeka sesungguhnya memberikan kebebasan yang seluas-luasnya kepada peserta didik," katanya.

“Dengan Kurikulum Merdeka, proses pembelajaran akan lebih maksimal sehingga peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan memperkuat kompetensinya,” pungkas Husnitalia.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar