SPACE IKLAN

header ads

Pokmas Samada Angi Bima, Berikan Makanan Siap Saji Pada Lanjut Usia

POKMAS Samada Angi Palibelo, Beri Permakanan Lansia Tunggal dan Penyandang Disabilitas Tunggal dari Kemensos.

Oleh. Ipul
Kamis 15 Desember 2022.

BIMA, WARTABUMIGORA - Bantuan Sosial Permakanan merupakan salah satu bantuan sosial dalam bentuk makanan siap saji yang diberikan kepada lanjut usia keluarga tunggal dan penyandang disabilitas tunggal di kantor desa Tonggondoa kecamatan Palibelo kabupaten Bima, Kamis (15/12/22) sekitar pukul 09.30 wita.

Sempat hadir dalam pemberian permakan secara simbolis, kepala Dinas sosial, Tajuddin, SH, MSi,, camat Palibelo, Drs. Darwis, kepada desa Tonggondoa, Furqan, S.Sos, Ketua POKMAS ( Petugas Kelompok Masyarakat) Samada angi kecamatan Palibelo, Bram Pajarewo, serta jajaran pendamping PKH.

Dalam sambutan kepala Dinas sosial, Tajuddin, SH, MSi, Ide dan gagasan bantuan sosial permakanan pertama kalinya dicetuskan oleh Menteri Sosial Ibu Tri Rismaharini. 

Bansos Permakanan sebenarnya ini sudah dijalankan di Kota Surabaya sejak tahun 2012 ketika Risma menjabat sebagai walikota. 

Karena dinilai sangat bermanfaat bagi penerimanya, akhirnya program bantuan sosial permakanan ini akan dilaksanakan secara nasional oleh Kementerian Sosial. 

Rencananya, bantuan sosial permakanan ini akan dimulai pada bulan Desember 2022. khsususnya untuk di wilayah Kabupaten Bima akan dilaunching sampai tanggal 30 Desember 2022, melalui Dinas sosial kabupaten Bima," jelasnya.

Camat Palibelo, Drs. Darwis, dalam kesempatan mengatakan, tujuan pemberian bantuan sosial permakanan bagi lanjut usia keluarga tunggal dan penyandang disabilitas tunggal adalah sebagai upaya penghormatan, perlindungan dan jaminan sosial dalam bentuk pemenuhan kebutuhan dasar berupa pangan dan nutrisi agar memperoleh kehidupan yang layak.

"Jadi ini bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat khususnya lansia mulai usia 75 tahun, agar mereka bisa mempertahankan kehidupannya khususnya dengan makanan yang layak, mudah mudahan program ini akan berlanjut," ujarnya.

Ketua POKMAS Samada Angi kecamatan Palibelo, Bram Pajarewo, Keriteria penerima bantuan sosial permakanan antara lain : Miskin atau tidak mampu; Tinggal di rumah sendirian tanpa anggota keluarga lain atau terdaftar seorang diri dalam kartu keluarga (KK) / KK Tunggal; Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Untuk lansia berusia diatas 75 tahun; Bukan pensiunan ASN/TNI/Polri; Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang sudah padan dan sinkron dengan data kependudukan (Dukcapil Kemendagri).

Teknis Bantuan Sosial Permakanan antara lain : Pemberian makanan yang terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur, buah potong, dan air mineral yang diberikan sebanyak 2 kali sehari.

Daftar menu makanan setiap harinya berbeda untuk jangka waktu 10 hari.

Penyusunan daftar menu makanan berdasarkan atas rekomendasi ahli gizi  tenaga kesehatan," jelasnya.

"Target beri Bantuan Sosial dalam bentuk makanan siap saji yang diberikan kepada lanjut usia keluarga tunggal dan penyandang disabilitas tunggal di kecamatan Palibelo kabupaten Bima, 84 lansia dan disabilitas 360 untuk kecamatan Palibelo kalau desa Tonggondoa 7 kpm," katanya.

"Program permakanan ini dicoba selama 1 bulan, sehari 2 kali makan dengan harga Rp.21.000 sehingga bansos ini nilainya lebih besar dari pada bansos sembako yang biasa dan targetkan," katanya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar