SPACE IKLAN

header ads

Siswa SMKN 1 Batu Keliang Utara, Praktek Belajar ke Bandara Internasional

Siswa SMKN 1 BatuKeliang Utara Peraktek Belajar Ke Bandara Internasional Zaenudin Abdul Madjid ( BIZAM ).

Oleh. Wir
Jumat 23 Desember 2022.

LOMBOK TENGAH, WARTABUMIGORA - Sekolah Menengah Keatas ( SMK ) Negeri 1Batukliang Utara Lombok Tengah dengan Core Pariwisata, untuk Kompetensi Keahlian UPW ( Usaha Perjalanan Wisata), mengadakan Wisata Belajar ke Bandara Internasional Zaenudin Abdul Madjid   ( BIZAM ) Kamis 22/12/2022.

Sebanyak 22 orang siswa kelas X (sepuluh) jurusan UPW dan dibimbing oleh Ketua Program Studi Pariwisata Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Batukliang Utara melaksanakan tour dalam rangka proses belajar pelatihan pemandu wisata dan dibimbing langsung oleh Ketua Program Studi Pariwisata. 

Menurut Ketua Program Studi Pariwisata Zakaria,S.Par, mengatakan 

Perjalanan ke Bandara dengan menggunakan BUS Praktek SMKN 1 Batukliang Utara.

Ia Menjelaskan Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih siswa dilapangan dalam memandu wisata selama diperjalanan, Perjalanan tour wisata SMK Batu kliang Utara dengan objek Bandara Internasional Abdul Majid untuk melihat dan mengenal dari dekat tentang kegiatan di bandara, dari mulai proses pembelian tiket, check-in, boardingpass, sampai keberangkatan penumpang naik keatas pesawat.

karena setelah tamat dari SMK nanti lokasi Bandara merupakan salah satu Dunia Kerja bagi mereka ,pasalnya dalam Proses pembelajarannya untuk Jurusan Pariwisata mempelajari beberapa Mata pelajaran seperti “ Perhitungan Biaya Penerbangan,Ticheting, Perencanaan dan Pemanduan Wisata, dan MICE” Jelasnya.

Dalam kunjungan di Bandara,Peserta  didik diterima oleh Petugas Bandara dan mulai diarahkan masuk menuju Ruang Kontrol AOCC yang merupakan ruang Vital Bandara.

mereka diarahkan menuju ruang terminal Keberangkatan dan Check in area, dan juga mengunjungi dan dibimbing pada Area Chek-in menuju waiting room melalui X-ray check. Secara urut peserta dinding dibimbing dan dirahkan mempelajari cara mengarahkan penumpang menuju ke pesawat melalui proses Boarding dan Apron pesawat." Katanya.

Petugas Bandara, Fuad, selaku Bagian Humasy BIZAM, menerima dengan senang hati dan dalam pembimbing peserta didik dibagi dalam 2 (dua) kelompok. Kelompok 1 dibimbing oleh FAISAL, dan Kelompok kedua dipandu oleh AGMON.

Fuad membimbing peserta didik SMKN 1 Batukliang Utara, untuk belajar pekerjaan di Bandara dengan urutan proses masuk area Bandara.

Salah satu Peserta Didik SMK 1 Batu kliang Utara mengungkapkan kami sangat bersyukur bisa diajak masuk ke ruang Kontrol yang tidak sembarang boleh masuk yaitu ruang Airport Operation Control Center (AOCC) yang merupakan ruang kontrol untuk mengawasi aktivitas operasional di sisi udara (airside) dan sisi darat (landside) serta mencakup seluruh aktivitas kedatangan dan keberangkatan di bandara.

saya sangat senang Mas dengan model praktek wisata seperti itu,penjelasan guru di kelas terasa jelas sekali setelah di area Bandara.Serta menjadi pengalaman yang sangat mengesankan selama belajar dan sekolah di SMK Jurusan Pariwisata." Ucapnya.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Batu kliang Utara mengatakan bahwa kegiatan tour bukan saja hanya untuk pergi jalan-jalan, tetapi setiap siswa diberikan tugas-tugas yang telah dipersiapkan dimasing-masing jurusan. 

Kepala Sekolah merasa bersyukur bahwa tahun ini SMK Negeri 1 Batu kliang Utara banyak mengalami kemajuan pendidikan yang ada kaitannya dengan pariwisata.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar