SPACE IKLAN

header ads

KKN TEMATIK Desa Senaru dan BUMDes Dewita Lakukan Sosialisasi Tentang Pariwisata dan Tanggap Bencana

KKN Tematik dan BUMDES dewita (Desa Wisata) melakukan kolaborasi dalam rangka menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tentang Manajemen Desa Wisata dan Tanggap Bencana yang diadakan pada hari Rabu, 18 Januari 2023 bertempat di Villa Bambu Rinjani, Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara. 

Oleh. DVD
Jumat 20 Januari 2023.

LOMBOK UTARA, WARTABUMIGORA - KKN Tematik dan BUMDES dewita (Desa Wisata) melakukan kolaborasi dalam rangka menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tentang Manajemen Desa Wisata dan Tanggap Bencana yang diadakan pada hari Rabu, 18 Januari 2023 bertempat di Villa Bambu Rinjani, Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara. 

Kegiatan yang bertema “ Meningkatkan Pemahaman Pelaku Wisata dalam Manajemen Desa Wisata dan Tanggap Bencana” dibuka secara resmi oleh Kasi Pelayanan Desa Senaru Bapak Ahyar Amsil, A.ma  dan dihadiri oleh para perwakilan dari masing-masing Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan TSBD (Tim Siaga Bencana Desa) yang ada Di Desa senaru.

Kegiatan sosialisasi ini mengundang juga beberapa pemateri yang ahli dibidangnya, dalam hal ini untuk pengisian materi tentang Manajemen Desa Wisata disampaikan oleh Kepala Bidang PPSDP Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara, bapak Drs. I Wayan Subada Iwandana.

 Sedangkan untuk materi tanggap bencana disampaikan oleh BPBD kabupaten Lombok Utara. 

Kegiatan sosialisasi ini sangat menarik perhatian para hadirin yang ada disana, hal ini dikarenakan penyampaian materi yang baru sehingga terdapat beberapa timbal balik serta diskusi antara pemateri dengan hadirin yang ada disana. 

Kemudian juga dalam kegiatan tersebut, menjadi ajang bagi para hadirin untuk menyampaikan beberapa keluh kesah terkait dengan kondisi yang dialami pada saat ini seperti permasalahan wisata dan kondisi alam yang sangat mempengaruhi kunjungan wisata yang ada di Desa Senaru.

Menurut Kepala Bidang PPSDP Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara, Drs. I Wayan Subada Iwandana, kegiatan sosialisasi ini sangat membantu pemerintah khususnya dibidang wisata dalam konteks memberikan wawasan serta pandangan bagi pelaku wisata bahwa Desa Senaru memilki potensi yang besar yang mampu menaikkan niai ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang ada di Desa Senaru.

 “ Sangat Positif sekali kegiatan terutama tentang bagaimana me-manage mencari solusi dan menentukan strategi yang tepat untuk menata atau mengelola pariwisata yang ada di Desa Senaru secara berkelanjutan” ujar beliau.

Sedangkan dalam materi penaggulangan bencana, menurut pemateri dari BPBD Kabupaten Lombok Utara Bapak Edi Sulistio mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini terutama terkait dengan kebencanaan karena sangat jarang sekali kegiatan sosialisasi tentang wisata yang dikaitkan dengan penanggulangan bencana yang untuk saat ini masih kurang dalam memperhatikan sektor keamanan pada suatu lokasi wisata. Sehingga sosialisasi ini sangat penting dan berguna bagi para pelaku wisata yang ada di Desa Senaru.  

“ Saya kira cukup bagus mempopulerkan antara wisata dengan penanggulangan bencana ini” , Ujar beliau.

 Dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan wawasan terkait dengan manajemen Desa Wisata dan Penangulangan Bencana mengingat untuk wisata yang ada Desa Senaru lebih mengarah ke keindahan alam dan rentan terhadap terjadi bencana alam. Dalam kesempatan tersebut, Manager BUMDES Dewita, Munirah, A.ma kegiatan ini jangan sampai disini saja dan apa yang ada pada materi tersebut dapat di Implementasikan oleh teman-teman pelaku wisata yang ada di Desa Senaru. 

“ jangan hanya sampai disini saja (kegiatan ini), harus ada implementasi dan dapat bersinergi dengan BUMDES Dewita”, Ujar Beliau. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar