SPACE IKLAN

header ads

Pembangunan Gedung Baru, SMKN 1 Lembar Jadi Pusat Sekolah Kemaritiman Bali NTB dan NTT

Foto Pembangunan SMKN 1 Lembar.

Oleh. Ilham
Selasa 9 Januari 2023.

LOMBOK BARAT, WARTABUMIGORA - SMKN 1 Lembar, Lombok Barat, NTB atau yang lebih di kenal dengan SMK Kelautan/Kemaritiman mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI dan Dikbud NTB untuk pembangunan Ruang Praktik Siswa (RPS) berupa kapal simulator atau bridge simulator berstandar International Maritime Organization (IMO). Proyek kapal simulator satu-satunya di wilayah Indonesia Timur ini pun berkualitas bagus. Pengerjaannya sesuai spek dan melibatkan masyarakat sekitar.

Kepala SMKN 1 Lembar, Ahmad Quroni M.Pd yang ditemui di kantornya oleh beberapa media mengatakan, pihaknya diberikan bantuan DAK sebesar Rp1,3 Miliar sebagai upaya sekolah itu menjadi salah satu pusat sekolah kemaritiman di Bali, NTB, dan NTT. 

“Dan ini satu-satunya di wilayah timur Indonesia, kami berterima kasih atas bantuan dari Kementerian dan Dikbud ini,” jelas dia, Senin (9/01/2023).

Bantuan gedung RPS ini dilengkapi dengan sarana prasarana atau peralatan. Diharapkan ke depan adanya bantuan DAK bangunan RPS kapal simulator ini menjadi langkah awal mewujudkan pusat kemaritiman di NTB.

Pasalnya, setelah bantuan kapal simulator ini dilakukan tahapan approval oleh Perhubungan Laut Kemenhub, tim Kemenhub akan intens turun ke sekolah melakukan pendampingan dan pelatihan serta melihat siswa dan siswi di SMKN 1 Lembar.

Menyoal adanya pihak tertentu yang menguji kualitas proyek DAK SMK? Menurut dia, sah-sah saja. Namun yang menguji bangunan itu adalah yang berwenang yakni pemeriksa. Yang jelas kata dia, pengerjaan proyek DAK ini sangat proporsional dan profesional. Itu dilihat dari hasil pengerjaan sesuai spek, bagus dan megah.

Pengerjaan DAK swakelola tipe 1 sangat membantu sekolah dan warga masyarakat. Menurutnya, pelibatan masyarakat sekitar sangat tinggi. Sekolah pun sangat terbantu, sebab bisa diawasi oleh sekolah maupun warga masyarakat. “Alhamdulillah bisa dilihat dan dimonitor langsung, bangunan proyek ini megah,” ujarnya.

" Untuk peralatan sudah ada, tinggal dipasang begitu selesai pengerjaan bangunan gedung ini,"lanjutnya.

RPS ini diperuntukkan bagi jurusan Nautika Kapal Niaga. Di SMKN 1 Lembar sendiri memiliki 6 jurusan, dengan tiga program yakni program kapal niaga, kapal penangkap ikan, dan agribisnis perikanan. Untuk jurusan agribisnis terdiri dari jurusan agribisnis perikanan air laut dan jurusan agribisnis perikanan air tawar. Program kapal penangkapan ikan, ada dua jurusan, yakni Nautika kapal penangkap ikan dan Teknika penangkapan ikan. Begitupula program kapal Niaga, terdapat dua jurusan, yakni Nautika kapal niaga dan teknika kapal niaga. 

“Yang akan di-approval adalah jurusan Nautika kapal niaga, kemudian Teknika Kapal Niaga belakangan,” paparnya.

Lebih lanjut, banyak kelebihan dan manfaat dari bantuan DAK RPS ini. Di antaranya, setelah sekolah di-approve maka ijazah yang dikeluarkan adalah ANT 4 atau perwira tingkat 4. Lisensi pun bisa dikeluarkan langsung oleh sekolah, karena sudah di-approve. Sehingga tidak perlu lagi siswa SMKN 1 Lembar maupun di NTB ini keluar daerah. Justru, sekolah luar daerah akan datang ke SMKN 1 Lembar.

Selain itu, SMKN 1 Lembar bisa membuka pelatihan BST. Kaitan dengan persiapan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya, sudah kerja sama dengan AMI (Asta Maritim Indonesia) NTB, sehingga anak-anak tidak perlu ke Surabaya. 

“Dan rating bisa kita laksanakan di sini, itulah kita membantu anak-anak dan masyarakat,” jelas dia.

Termasuk bagi siswa mau praktek PKL di atas kapal, surat yang pertama dicari adalah surat izin berlayar (SIB). Dan SIB ini, hanya boleh dikeluarkan oleh sekolah yang sudah approval. Sehingga nantinya, Tim Perhubungan Laut akan intens sekali melakukan Bimtek untuk persiapan approval ini.

“Tahun ini pun kami sudah siap menjadi salah satu ikon sekolah pelayaran di NTB,” imbuh dia. Sehingga dengan adanya Simulator ini, bisa diperoleh beberapa manfaat dan kelebihan, yakni untuk menunjang BLUD SMK, bursa kerja khusus (BKK), magang kerja, serapan industri dan kerja bisa berjalan." Katanya.

Dalam pengerjaannya proyek bangunan RPS ini tidak ada masalah. Meskipun melebihi waktu kontrak selama enam bulan, tetapi ada ketentuan Kemenkeu membolehkan untuk diperpanjang 50 hari ke depan. Saat ini progres pengerjaan proyek itu di atas 90 persen. Ia yakin bangunan proyek itu bisa selesai bulan Januari ini dan awal bulan Februari akan diresmikan.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Komite SMKN 1 Lembar, H. Taufik Asy’ari. Menurut mantan Kades Labuan Tereng ini, terkait DAK bangunan RPS SMKN 1 Lembar ini sangat luar biasa.

“Kami bersyukur sekali dan terkait bantuan DAK ini, sekolah tetap komunikasikan dengan kami (masyarakat),” ujarnya.

" Pelibatan warga juga sangat besar, baik dari sisi tenaga kerja dan material. Ia merasa bangga dengan adanya bantuan ini. Sehingga ia berharap bisa dimanfaatkan dan dipergunakan sesuai tujuannya, memajukan sekolah, siswa, dan daerah,"tutupnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar