SPACE IKLAN

header ads

Peduli Anak Sekolah Kurang Mampu, DWP Lobar Gelar Baksos di SDN 2 Sekotong Timur

Peduli Anak Sekolah Kurang Mampu, DWP Lobar Gelar Baksos di SDN 2 Sekotong Timur.

Oleh. Ilhm
Senin 6 Februari 2023.

LOMBOK BARAT, WARTABUMIGORA - Dharma Wanita Persatuan (DWP) tak henti mendukung pemerintah Kabupaten Lombok Barat dalam memberikan bantuan terutama kepada masyarakat daerah terpencil yang belum terjangkau oleh bantuan pemerintah melalui kegiatan baksos pertama tahun 2023 di awal bulan Februari, bertempat di SDN 2 Sekotong Timur dusun Selatan, Aik Mual, Kecamatan Lembar kabupaten Lombok Barat, Sabtu (4/2/2023).

Rombongan Baksos dipimpin langsung oleh ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lombok Barat Ny. Hj. Erni Zuhara Ilham beserta para pengurus turun langsung memberikan bantuan kepada Guru dan Murid SDN 2 Sekotong Timur. Medan yang cukup ekstrim untuk menuju lokasi tidak menyurutkan semangat ibu-ibu DWP dan perwakilan Dinas Dikbud Lombok Barat.

Pada kesempatan tersebut Ny. Hj. Erni Zuhara Ilham, menyampaikan bahwa dirinya sering mengunjungi masyarakat guna memberikan bantuan sosial," namun kali ini kami sengaja berjalan dari titik awal menuju ke sekolah ini supaya dapat juga merasakan bagaimana anak didik kita berjalan menuntut ilmu melewati medan ekstrim" katanya. 

Perjalanan kali ini bukan hanya fisik tapi juga batin karena dilakukan sambil mencoba merasakan kesulitan yang dirasakan oleh para murid demi mendapatkan pengetahuan" lanjutnya lagi. 

Sungguh pengalaman yang tak terlupakan dalam menyalurkan bantuan secara langsung dengan melewati jalan tanah dengan tanjakan dan turunan yang curam serta becek dan licin di musim hujan tapi menyenangkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1,5 Km.

"Kegiatan bhakti sosial ini juga merupakan salah satu bentuk berbagi rasa syukur dengan berbagi sedikit rezeki, semoga kegiatan seperti ini tetap bisa dilakukan sebagai tambahan catatan amal kita kelak" harapnya.

Bentuk bakti sosial kali ini berupa pemberian bantuan paket peralatan sekolah yang berisi setelan seragam olahraga, tas, alat tulis menulis dan paket snack sehat bagi anak didik serta paket seragam olahraga dan bantuan sembako untuk semua guru sebanyak 7 orang dan tambahan santunan bagi guru honorer.

Paket bantuan tersebut berasal dari donasi pribadi ibu-ibu pengurus DWP Lobar yang terkumpul dengan jumlah total Rp. 11.400.000.

"Tetap semangat, karena pendidikan itu adalah bekal untuk mengubah masa depan, tanpa pendidikan kalian tidak akan bisa merubah hidup menjadi lebih baik karena itu pendidikan itu adalah investasi di masa depan." Pesannya kepada murid-murid di sana. 

“Saya mengharapkan anak-anak tetap semangat belajar demi masa depan meski di tengah keterbatasan, orang tua anak-anak ini juga diharapkan memberikan dukungan serta keikhlasan para guru dalam dalam mengajar akan menjadi catatan amal jariah yang luar biasa," katanya.

Kehadiran Hj. Erni bersama rombongan diterima langsung oleh Plt. Kepala Sekolah SDN 2 Sekotong Timur Ahmad Sahudin S.Pd.

“Saya merasa terharu dan berterima kasih, karena DWP sangat peduli kepada sekolah terpencil. Tercatat baru kali ini kami menerima bantuan yang disalurkan langsung kepada kami, seperti inilah keadaan sekolah kami,” kata Sahudin.

Melalui kesempatan yang baik ini ada beberapa harapan selain keadaan sekolah dan seperti ini guru kami yang kurang dan sarana dan prasana yang kurang, meskipun demikian Alhamdulillah kami bekerja berusaha semaksimal mungkin menggunakan apa yang kami miliki, dengan keterbatasan kami dan hanya punya semangat dengan para rekan guru" lanjutnya lagi.

Dikatakannya, untuk melaksanakan pendidikan terintegrasi pendidikan terpadu pada anak didik memang agak kesulitan karena guru-guru di sana belum mendapatkan pelatihan bagaimana menjadi guru yang bisa mengajar secara terintegrasi. 

Untuk itu, ia berharap kedepan melalui Ketua DWP Lobar yang juga sebagai istri Sekretaris Daerah Lombok Barat kalau ada pelatihan-pelatihan yang terkait dengan bagaimana pembelajaran terintegrasi mohon dari sekolah kami untuk di ikut sertakan.

Atas nama warga SDN 2 Sekotong Timur, ia mengucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada ibu Ketua DWP Lombok Barat beserta rombongan atas kedatangannya dan semoga apa yang telah diniatkan dari ibu ibu DWP untuk sekolah kami ini bisa bermanfaat untuk kami sebagai Guru dan murid. 

Pada kesempatan ini, selain menyerahkan bantuan Ketua dan pengurus DWP Lobar juga mengajak anak-anak untuk melakukan permainan edukasi yang dikaitkan dengan isu stunting agar murid-murid bisa menerapkan kebiasaan hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi untuk mencegah terjadinya stunting. Para murid juga diberikan tantangan untuk membaca Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Nasional lainnya untuk meningkatkan rasa kebangsaan dan nasionalisme. Permainan ini diikuti dengan antusias oleh semua murid karena bagi yang bisa diberikan hadiah yang menarik. Kegiatan diakhiri dengan bernyanyi dan sesi foto bersama.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar